Deretan Bansos yang Cair September, Kamu Dapat yang Mana?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 08:44 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock

4. Bantuan Kuota Internet

Bantuan kuota internet bakal cair lagi di bulan September 2021. Bantuan diberikan untuk murid, mahasiswa, hingga guru atau dosen. Mendikbudristek Nadiem Makarim pernah menyebut bantuan ini dicairkan setiap tanggal 11-15 yang akan diberikan sampai November 2021.

"Untuk perguruan tinggi, mahasiswa dan dosen akan mendapatkan 15 GB per bulan," ungkap Nadiem dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/8/2021).

Besaran kuota internet yang didapat bervariasi sesuai jenjang pendidikan. Untuk peserta didik PAUD sebesar 7 GB, peserta didik SD-SMA sebesar 10 GB, pendidik Paud-SMA 12 GB, dan mahasiswa/dosen 15 GB per bulan.

5. Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Bantuan berikutnya yang digulirkan pada bulan September adalah bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan besaran maksimal Rp 2,4 juta setiap mahasiswa. Bantuan diberikan kepada para mahasiswa aktif semester gasal atau ganjil seperti III, semester V, dan semester VII dengan menyasar 310.508 mahasiswa dan total anggaran Rp 745 miliar.

Bantuan pun akan diberikan kepada mahasiswa yang membutuhkan dan bukan penerima bantuan lainnya, seperti KIP Kuliah maupun Bidikmisi. Jika biaya kuliah lebih besar dari Rp 2,4 juta, maka selisih UKT dengan batas maksimal Rp 2,4 juta menjadi kebijakan perguruan tinggi sesuai kondisi mahasiswa.


(aid/zlf)