Biaya Pendidikan Naik di Tahun Ajaran Baru Bikin Inflasi Agustus 0,03%

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 11:35 WIB
Masuki tahun ajaran baru 2020/2021, SMPN 2 Brebes jadi sekolah percontohan KBM tatap muka di sekolah. Siswa dan guru diwajibkan pakai masker saat beraktivitas.
Foto: Imam Suripto
Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada bulan Agustus 2021 terjadi inflasi sebesar 0,03%. Ada sejumlah hal yang menyebabkan inflasi terjadi, salah satunya ialah peningkatan biaya pendidikan.

Deputi Bidang Statistik Distribusi BPS Setianto mengatakan Agustus 2021 merupakan tahun ajaran baru bagi anak sekolah. Sehingga uang sekolah, baik di tingkat SD, SMP, hingga perkuliahan mengalami kenaikan.

"Kalau kita lihat inflasi bulan Agustus 2021 dilihat menurut kelompok inflasi dari inflasi 0,03% tersebut di mana kelompok pendidikan ini memberikan andil yang cukup besar yaitu 0,07% dari inflasi kita 0,03%. Dan inflasi untuk kelompok pendidikan ini mengalami inflasi 1,20%" kata Setianto, Rabu (1/9/2021).

Setianto menjelaskan, angka tersebut dinilai tinggi karena memang masa tahun ajaran baru yang terjadi di Agustus menjadi momen bagi sekolah-sekolah untuk meningkatkan atau memperbaiki operasional kegiatan pendidikan, baik tingkat SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi.

"Jadi kalau kita kelompokan inflasi untuk pendidikan uang sekolah SMP, kuliah ini masing-masing memberikan andil 0,02%, kemudian untuk uang sekolah SMA 0,01%" katanya.

Selain itu, beberapa kelompok komoditas makanan, minuman, dan tembakau juga menyumbang terjadinya inflasi. Contohnya kenaikan harga minyak goreng.

(fdl/fdl)