Akhirnya! Pelindo I-IV Siap Merger 1 Oktober 2021

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 15:18 WIB
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mendatangkan tiga Container Crane baru untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa pelabuhan.
Ilustrasi/Foto: Istimewa.
Jakarta -

Empat BUMN pelabuhan yakni PT Pelindo I hingga IV akan digabung. Rencananya, aksi merger ini akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2021 mendatang.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, merger ini merupakan rencana lama yang akhirnya bisa terealisasi dalam waktu dekat ini.

"Merger daripada Pelindo I sampai Pelindo IV merupakan satu rencana yang sebenarnya sudah sangat lama diharapkan terjadi. Ini sudah beberapa periode diupayakan, alhamdullilah di periode ini kita telah berhasil menyatukan hati dan menyatukan visi untuk Pelindo bersatu," kata pria yang disapa Tiko dalam konferensi pers, Rabu (1/9/2021).

"Di mana hari ini kita telah mengumumkan rancangan merger yang akan dilaksanakan 1 Oktober 2021, dan nantinya kita sedang menunggu PP yang akan menjadi dasar hukum untuk penggabungan dari 4 pelabuhan milik BUMN ini," sambungnya.

Tiko menuturkan, ada beberapa hal yang diharapkan dari aksi merger ini. Pertama, strategi pengembangan pelabuhan nasional bisa dijadikan satu road map terintegrasi. Kedua, adanya standardisasi operasional dan pelayanan.

Ketiga, alokasi penggunaan belanja modal atau capital expenditure (capex) atau investasi yang lebih optimal.

"Keempat meningkatkan kemampuan Pelindo dari sisi pendanaan dan investasi," ujarnya.

Lihat juga video 'Akhir Tahun Ini, RI Akan Punya Merger BUMN Pengelola Pelabuhan':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)