Wamendag: Sudah Vaksin Monggo Dine In di Resto, tapi Tetap Prokes

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 16:40 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di Restoran
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Untuk restoran dan kafe di daerah yang sudah memasuki PPKM level 3 diberikan kelonggaran bisa dine in atau makan di tempat sebanyak 50% kapasitas. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkap masyarakat yang ingin makan di restoran dan kafe diwajibkan untuk divaksinasi COVID-19.

"Ini kan dalam rangka herd immunity teman-teman pengusaha ikut bisa terlibat. Peraturan baru dine in untuk masyarakat sudah bisa makan ditempat ini untuk yang sudah vaksin. Tentu untuk mendorong masyarakat lain juga semangat vaksin. Penurunan level PPKM sudah turun implikasinya bisa dine in kapasitas 50% kafe-resto dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi," kata dia saat ditemui di Resto GIOI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/9/2021).

Tampak hadir bersama Jerry, antara lain Anthony Sadeli Founder GIOI, Vinnie K Rumbayan Co-Founder Ms Jackson, dan Ivan Tanjaya Co-Founder Holywings.

"Jadi yang sudah vaksin monggo dine in," tambahnya.

Jerry pun mendorong pengusaha memberikan insentif atau diskon kepada masyarakat yang sudah vaksin, tentu dalam rangka masyarakat bisa dine in di restoran atau kafe.

"Saya juga ngobrol-ngobrol kepada para pengusaha agar yang sudah vaksin mereka dikasih diskon atau insentif. Tentu agar masyarakat juga tidak takut vaksin dan memotivasi masyarakat untuk ikut vaksin. Jadi ada skema-skema ditempat yang sudah vaksin diberi keringanan, dapat diskon," kata dia.

Dia mengingatkan meski sudah boleh dine in dengan kapasitas restoran 50%, tetapi protokol kesehatan juga harus tetap dijalankan. Jadi nanti meski sudah vaksin untuk ketentuan duduk juga masih berjarak.

"Kita hanya ikut peraturan terbaru 50%. Contoh misal datang berempat dan sudah vaksin. Tetapi dalam satu meja tetap hanya dua orang dan tetap berjarak, dua orang di masing-masing meja juga tetap berjarak. Jadi mereka yang berempat tetapi nggak satu meja itu, beda meja," jelasnya.

Untuk aturan waktu, Jerry menerangkan tetap ada dan itu cukup efektif diberlakukan dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Waktu saya coba itu makan 20 menit-30 menit saya berhasil makan 7 menit, makan kedua 3 menit pembatasan makan itu salah satu cara me-minimize. Esensinya adalah tetap menjaga protokol kesehatan sebaik mungkin regulasi terbaru 50%," tutupnya.

Simak juga video 'PPKM Lanjut, Jokowi Waspadai Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-IV 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)