ADVERTISEMENT

IKEA Sentul Dijual, Siapa yang Beli?

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 11:05 WIB
Salat Id di Ikea Wetzlar
Ilustrasi/Foto: (dok. Twitter)

Manajemen HERO menjelaskan latar belakang perusahaan menjual IKEA Sentul City, salah satunya karena perusahaan tengah menghadapi masa sulit akibat pandemi COVID-19. Posisi neraca keuangan HERO juga telah menurun secara signifikan selama 12 bulan terakhir dengan membukukan posisi kas bersih sebesar Rp 168 milliar pada 31 Desember 2020 dan selanjutnya melaporkan posisi utang bersih sebesar Rp 463 milliar pada 31 Desember 2020.

HERO juga sudah mengumumkan bahwa perusahaan akan fokus meningkatkan investasinya di IKEA, Guardian dan Hero Supermarket setelah memutuskan untuk menutup semua jaringan Giant.

"Transaksi ini akan memberikan Perseroan kemampuan untuk memonetisasi aset yang tidak likuid dengan nilai pasar wajar dan memberikan fleksibilitas neraca tambahan kepada Perseroan," tulis manajemen.

Hasil dari transaksi afiliasi ini akan digunakan HERO untuk mengurangi fasilitas pinjaman dan mendukung kebutuhan modal kerja dan operasional Perseroan. Sehingga diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kondisi keuangan Perseroan yang diciptakan oleh pembayaran utang serta memberikan Perseroan fleksibilitas keuangan untuk mendukung inisiatif pertumbuhan di masa depan.

Perseroan diharapkan bisa membukukan pendapatan dari penjualan aset IKEA Sentul City yang akan meningkatkan nilai buku ekuitas di neraca Perseroan.


(das/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT