Orang Kaya RI Banyak Sewa Jet Pribadi Kala Pandemi, Pada Mau ke Mana Sih?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 05 Sep 2021 17:31 WIB
Fokus Jet Pribadi
Foto: Luthfy Syahban
Jakarta -

Pesawat pribadi alias private jet ramai disewa selama pandemi. Banyak orang mulai beralih dari maskapai umum untuk terbang dan berpergian ke berbagai daerah.

Bikin penasaran, siapa sih yang paling banyak menyewa private jet selama pandemi dan dipakai buat apa?

Menurut Stefanus Gandi, Direktur PT Indojet Sarana Aviasi, salah satu perusahaan penyewa pesawat pribadi mengatakan kebanyakan pemesannya adalah pebisnis.

Setidaknya, ada 50% penyewa pesawat pribadi perusahaannya adalah pebisnis. Sisanya penggunaan pesawat pribadi akan digunakan untuk keperluan pribadi, misalnya untuk berlibur atau perjalanan keluarga.

"Dominasi sih memang masih kalangan pebisnis ada 50%. Sisanya itu kalangan pribadi, bisa berlibur atau keperluan keluarga aja," ungkap Stefanus ketika dihubungi detikcom, Minggu (5/9/2021).

Untuk pebisnis, jelas penggunaan private jet untuk perjalanan bisnis. Paling banyak menurutnya pebisnis di perusahaan tambang yang menyewa private jet.

"Kebanyakan ini perusahaan tambang, pebisnis di perusahaan tambang menyumbang persentase lumayan banyak. Karena kan masih banyak tambang beroperasi di kala pandemi," kata Stefanus.

Kenaikan mulai terlihat menurutnya pada perjalanan keluarga. Pasalnya, di tengah PPKM banyak maskapai umum menerapkan aturan larangan terbang untuk anak di bawah umur.

Penyewa yang mau liburan juga tak kalah banyak, menurutnya mulai banyak orang menyewa private jet untuk liburan. Destinasinya banyak ke Labuan Bajo hingga Bali.

"Wisata ada juga, di tahun ini banyak orang bepergian untuk kebutuhan pribadi, ada yang liburan juga. Ke Sumba, Labuan Bajo, ke bali itu banyak juga sih," papar Stefanus.

Stefanus mengatakan lebih banyak memang penggunanya berasal dari Jakarta, setidaknya ada 70% penyewa private jet terbang dari Jakarta.

(dna/dna)