Hati-hati! Jangan Pakai Password Ini buat Mobile Banking

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 16:10 WIB
social media, closeup of hands holding smartphone in cafe, banking online, businessman with mobile internet
Foto: Getty Images/iStockphoto/anyaberkut
Jakarta -

Saat ini penggunaan mobile banking dan internet banking sudah banyak digunakan oleh sejumlah nasabah perbankan. Dengan adanya layanan perbankan ini tentu akan memudahkan nasabah karena dengan layanan ini nasabah dapat bertransaksi kapan saja dan di mana saja.

Namun pemilik akun mobile banking atau nasabah juga harus berhati-hati dan melindungi keamanan akun yang mereka miliki. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan password atau kata sandi yang aman agar tak mudah dibobol oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

Cyber Security Researcher & Consultant Founder Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto password ini menjadi hal yang sangat penting untuk keamanan akun.

"Jangan pernah gunakan password dari kombinasi nama dan tanggal lahir. Itu sangat mudah ditebak. Lalu password juga jangan yang berhubungan dengan yang kita sukai," kata dia dalam acara Edukasi Keamanan Perbankan Digital, Senin (9/8/2021).

Teguh mengungkapkan lakukan verifikasi dua langkah. Misalnya selain one time password juga menggunakan email agar keamanannya berlapis.

"Bisa menggunakan 2 factor authentification atau berifikasi dua langkah ini. Bisa pakai Google authenticator," imbuh dia.

Untuk menyimpan password harus di tempat yang aman. Jangan pernah menyimpan password di notes handphone atau file berekstensi .docx atau .txt. Agar lebih mudah menyimpan bisa digunakan aplikasi 1password atau dashlene atau dropbox password.

(eds/eds)