Belum Terima Subsidi Gaji? Begini Cara Dapatkannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 12:11 WIB
Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan, Ini Caranya!
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Subsidi gaji 1 juta dari pemerintah telah mencapai tahap III. Sejauh ini, secara keseluruhan penerima BLT tersebut kini telah mencapai 3.251.563 pekerja/buruh.

Jumlah atau angka tersebut merupakan 37,4% dari total target penerima BSU sebanyak 8,7 juta orang. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menjelaskan rincian penyaluran BSU ini dimana tahap I tersalurkan kepada 947.436 penerima, tahap II tersalurkan kepada 1.145.598 penerima, dan tahap III tersalurkan kepada 1.158.529 penerima.

Penyaluran subsidi gaji 1 juta tahap I dan tahap II ditransfer langsung kepada pekerja/buruh penerima BSU yang telah memiliki rekening di salah satu bank BUMN atau Himbara, yakni BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

Sedangkan penyaluran tahap III dilakukan melalui skema pembukaan rekening kolektif (burekol) bagi para pekerja penerima subsidi gaji yang belum memiliki rekening di salah satu bank Himbara.

Untuk menghindari terjadinya duplikasi penerima manfaat program BSU 2021 dengan program bantuan sosial lainnya, dia menjelaskan maka sesuai dengan Permenaker 16 tahun 2021 penerima BSU diprioritaskan bagi pekerja yang belum menerima manfaat program Kartu Prakerja, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Karenanya bagi kamu yang masih belum menerima subsidi gaji tersebut, jangan khawatir sebab BLT ini masih akan disalurkan untuk 5.448.437 pekerja. Lalu bagaimana cara dapat subsidi gaji tersebut? Klik halaman selanjutnya.