Anak di Bawah 12 Tahun Pekan Ini Sudah Boleh Masuk Mal?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 13 Sep 2021 06:42 WIB
Berdasarkan aplikasi peduli lindungi pukul 14.17 sebanyak 8.351 orang berada di Grand Indonesia dari total kapasitas 140.238 selama PPKM Level 3.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Hari ini pemerintah kembali mengevaluasi penerapan PPKM level 1-4. Para pengusaha mal dan pusat perbelanjaan berharap pemerintah memberikan relaksasi terkait batasan usia pengunjung pusat perbelanjaan atau mal.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, banyak pengusaha pusat perbelanjaan berharap anak-anak diperbolehkan lagi masuk mal.

"Karena saat ini pusat perbelanjaan relatif sudah jauh lebih aman dan sehat," ucapnya kepada detikcom, Minggu (12/9/2021).

Alphonzus menilai pusat perbelanjaan saat ini relatif sudah aman termasuk untuk anak di bawah 12 tahun. Sebab semua orang yang berada di pusat perbelanjaan sudah divaksinasi, baik itu pegawai maupun pengunjung yang dipastikan melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Semua orang yang berada di Pusat Perbelanjaan sudah divaksinasi. Sehubungan dengan adanya pemberlakuan protokol tambahan yaitu protokol wajib vaksinasi," tuturnya.

Alphonzus memang tidak memiliki data berapa jumlah pengunjung anak kecil. Namun dia berani memastikan bahwa setiap akhir pekan separuh pengunjung pusat perbelanjaan adalah keluarga yang membawa serta anak kecil.

"Pada saat akhir pekan hampir separuh dari pengunjung ke Pusat Perbelanjaan adalah keluarga-keluarga yang datang bersama dengan anak-anak," tuturnya.

Nah karena kebijakan dilarangnya masuk anak usia di bawah 12 tahun, maka pusat perbelanjaan kehilangan pengunjung keluarga yang jumlahnya paling besar. Karena setidaknya 1 pengunjung anak-anak datang bersama orang tuanya, belum lagi saudara dan baby sitter.

Hal yang disayangkan oleh Alphonzus adalah, para pengunjung keluarga itu akhirnya memilih untuk mencari tempat alternatif karena tidak bisa membawa masuk anaknya ke mal. Termpa alternatif itu menurutnya belum tentu melakukan protokol wajib vaksinasi.

"Saat ini mereka memilih untuk berkunjung ke tempat-tempat yang tidak memberlakukan protokol Wajib vaksinasi akibat sementara ini tidak bisa berkunjung ke pusat perbelanjaan," ucapnya.

Simak juga video 'PPKM Diperpanjang, Luhut: Dine In di Mal Jadi 60 Menit':

[Gambas:Video 20detik]



(das/eds)