Hari Pertama 'Bocil' Boleh Ngemal Lagi, Sudah Sesuai Aturan?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 21 Sep 2021 18:10 WIB
Suasana Mal Gandaria City, 21 September 2021
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

Pemerintah secara bertahap melonggarkan kebijakan di masa PPKM perpanjangan. Salah satunya, anak usia di bawah 12 tahun sudah boleh masuk mal. Syaratnya orang tua anak-anak yang membawa sudah divaksinasi semua dan memiliki aplikasi PeduliLindungi yang berwarna hijau.

Selain itu anak-anak juga harus didampingi orang tua, tidak boleh masuk sendirian. Mereka juga perlu mengikuti prosedur protokol kesehatan sebelum memasuki area mal.

Di hari pertama pelonggaran tersebut, para bocah kecil alias bocil pun sudah mulai tampak berdatangan di pusat perbelanjaan. Hal itu sebagaimana pengamatan detikcom di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Selasa (21/9/2021).

Mal tersebut tampak lengang. Tak banyak orang berkunjung ke mal, padahal waktu menunjukkan pukul 16.30 atau waktunya orang pulang kerja.

Meski lengang, sekali-dua kali terlihat anak-anak ada di mal. Ada yang digendong, ada juga yang digandeng orang tuanya.

Suasana Mal Gandaria City, 21 September 2021Suasana Mal Gandaria City, 21 September 2021 Foto: Achmad Dwi Afriyadi

Meski masih kecil, sebagian besar anak kecil yang terlihat telah memakai masker. Sesekali, tampak orang tua membenarkan posisi masker yang dipakai sang anak karena melorot.

Protokol kesehatan benar-benar diterapkan di mal. Saat masuk, pengunjung akan diminta petugas untuk scan QR code aplikasi PeduliLindungi. Kemudian, petugas akan mengecek aplikasi pada ponsel pengunjung apakah sudah check in atau belum.

Suasana Mal Gandaria City, 21 September 2021Suasana Mal Gandaria City, 21 September 2021 Foto: Achmad Dwi Afriyadi

Benar saja, saat detikcom belum mengklik 'check in', petugas mengingatkan agar menekan fitur pada aplikasi PeduliLindungi tersebut.

Setelah itu, pengujung akan dicek suhu badannya. Di depan pintu masuk, telah tersedia alat pengukur suhu di mana pengunjung cukup mendekatkan tangannya ke alat tersebut.

(acd/eds)