Perhatiin Nih, 4 Tips Biar Kerja dari Rumah Jadi Lebih Santuy

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 09:20 WIB
wfh
Perhatiin Nih, 4 Tips Biar Kerja dari Rumah Jadi Lebih Santuy

3. Gunakan teknologi yang tepat

Ketika datang untuk melengkapi ruang untuk pertemuan hibrida, Christfort menyarankan untuk fokus pada audio, kamera, dan kemampuan untuk melihat semua orang.

"Untuk semua pertemuan, bukan hanya yang hybrid, orang harus bisa mendengar satu sama lain dengan jelas dan bisa mengidentifikasi siapa yang berbicara," katanya. "Banyak ruang pertemuan memiliki mikrofon dan speaker di langit-langit karena itu paling cocok untuk orang-orang di ruangan itu, tetapi seringkali ini bisa membuat jauh lebih sulit bagi peserta jarak jauh."

Dia menambahkan bahwa kamera di ruang konferensi yang dapat memperbesar orang yang berbicara dan juga menggeser ruangan dapat membantu rekan jarak jauh menangkap isyarat sosial. "Jika Anda di rumah, pastikan Anda memiliki pengaturan kamera web yang bagus dengan pencahayaan yang cukup."

Mampu melihat orang dan visual, seperti bagan, daftar, atau video apa pun, juga akan membuat rapat menjadi lebih produktif. Dan teknologinya harus ramah pengguna, sehingga siapa pun dapat memulai dan menjalankan rapat.

4. Keterlibatan adalah kuncinya

Membuat peserta rapat agar berinteraksi dan berpartisipasi sangat penting untuk memiliki pertemuan yang sukses dan produktif.

Christfort merekomendasikan untuk membuat rapat menjadi interaktif dengan meminta orang yang berbeda berbicara tentang topik tertentu (beri tahu mereka sebelum rapat) atau memvariasikan formatnya: misalnya, berbicara sebentar, lalu menayangkan video, mendiskusikan topik lain, mengambil polling, dan sebagainya.

"Dalam model virtual atau hibrida, Anda perlu merancang ketidaksabaran dan defisit perhatian untuk menarik perhatian orang." kata Christfort.


(fdl/fdl)