Gabung ke BRI, Pegadaian Bakal Disulap Jadi Bank Emas

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 16:06 WIB
Ilustrasi Pegadaian, logo pegadaian, pegadaian
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

BRI, Pegadaian, dan PNM resmi melebur dalam Holding Ultra Mikro (UMi). Nantinya Pegadaian akan disulap menjadi bank bullion atau bank yang bisa menerima transaksi emas. Prosesnya pun sedang berjalan.

"Sebagaimana kita pernah bahas dulu bahwa Pegadaian ini selain bisnis gadainya juga ada bisnis tabung emas. Nah bisnis tabung emas ini membutuhkan satu institusi korporasi untuk melakukan jual-beli emas secara fisik, namanya Galeri 24," kata Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (22/9/2021).

Menyangkut hal di atas, masih terdapat isu yang harus diselesaikan dalam peleburan BRI dan Pegadaian. Sebab, konsep pengaturan di OJK menyatakan bahwa perusahaan non keuangan dilarang menjadi bagian dari anak usaha perbankan.

"Nah ini kami sedang mencari aturan yang bisa menyesuaikan sehingga nantinya Galeri 24 ini diupayakan tetap menjadi bagian daripada Holding Ultra Mikro," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Tiko itu menerangkan bahwa pihaknya akan menyampaikan perkembangan mengenai diskusi dengan OJK kepada Komisi VI. Kemungkinan akan muncul aturan baru mengenai bank bullion yang kini sedang dibahas dengan Menko Perekonomian.

"Di Indonesia belum ada izin untuk bank yang menyimpan secara fisik emas. Sebenarnya Pegadaian sudah melakukan itu tetapi masih dalam konsep titipan," tuturnya.

"Nah ini kami sedang tunggu apabila memang ada aturan baru mengenai bank bullion, tentunya kami akan mengajukan Pegadaian sebagai institusi pertama yang mungkin akan menjadi bank bullion pertama, karena memang secara efektif sebenarnya sudah mempunyai tabung emas yang sebenarnya secara prinsip adalah bank bullion namun dengan konteks sebagai titipan bukan sebagai tercatat di neraca," tambahnya.

Tonton juga Video: 2 Juta Data Nasabah BRI Life Bocor, Pembahasan RUU PDP Masih Deadlock!

[Gambas:Video 20detik]



(toy/dna)