Nasib BUMN 'Hantu': Hidup Segan, Ditutup Sulitnya Minta Ampun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 23 Sep 2021 06:05 WIB
Poster
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Nasib BUMN 'hantu' menjadi sorotan jadi sorotan dalam rapat kerja antara Komisi VI dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Sebab, BUMN hantu yang mengacu pada perusahaan pelat merah sekarat tak kunjung dilikuidasi.

Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Darmadi Durianto mengatakan, ada 7 BUMN hantu yang tak kunjung dilikuidasi. Ia pun mempertanyakan apa masalahnya.

"Ini saya lihat kan ada BUMN hantu, ada BUMN polesan. Dua kutub yang berbeda. Yang hantu ada 7 yang sering dibicarakan, sudah lama kan nggak bisa dilikuidiasi. Mohon Pak Menteri bisa kasih kita tahu bahwa sebetulnya masalahnya ada di mana sebetulnya," paparnya, Rabu (22/9/2021).

"Kalau di perusahaan-perusahaan biasa kan langsung aja kita likuidasi kalau sudah parah, nggak ada prospek, tapi ini kok terkesan lamban, apa ada masalah di mana yang paling krusial," tambahnya.

Ia juga mempertanyakan soal BUMN polesan, yakni BUMN yang tiba-tiba menjadi untung. Ia pun menyinggung PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang 8 tahun merugi kemudian tiba-tiba untung.

Darmadi mengatakan, kasus polesan pernah terjadi pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Menurutnya, hal itu harus diperhatikan Erick Thohir.

"Nah, dua ini harus diperhatikan dengan baik-baik Pak Erick, satu yang hantu selesaikannya bagaimana caranya. Kedua yang polesan ini, jangan tiba-tiba menerima dari KAP (Kantor Akuntan Publik) ini sudah untung, sudah bagus tidak dianalisis. Ini memang analisisnya harus tajam. Bagaimana misalnya bisa 8 tahun rugi tiba-tiba untung ini juga tanda tanya Pak. Kayak bayi ajaib," terangnya.

Lihat juga video 'KPK Bantah Disebut Jadi Penyalur Tenaga Kerja ke BUMN':

[Gambas:Video 20detik]