Begini Peran Transportasi Laut buat Genjot Ekonomi Nasional

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 23 Sep 2021 08:18 WIB
Seorang petugas Shell sedang melakukan pengecekan produksi pelumas Shell Marine 40 di Pabrik Shell LOBP Marunda pada Selasa (22/2/2018). Produk Shell Marine 40 yang dirancang khusus untuk merawat dan mengoptimalkan kinerja mesin kapal penangkap ikan dan kapal tunda. Shell Marine 40 dilengkapi dengan aditif yang membantu mesin bekerja lebih efisien dan sekaligus menjaganya dari korosi.
Begini Peran Transportasi Laut buat Genjot Ekonomi Nasional
Jakarta -

Transportasi jalur laut merupakan salah satu alternatif untuk wilayah Indonesia. Lancarnya jaringan transportasi laut ini akan meningkatkan interaksi di antara pelaku ekonomi yang bisa terus menggerakan roda perekonomian di seluruh wilayah Indonesia.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengungkapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengemban tugas dalam penyediaan transportasi laut yang selamat, aman, nyaman, efektif, efisien dan tepat sasaran serta memiliki peran yang sangat penting dalam rangka menggerakan roda perekonomian, memperlancar mobilisasi penduduk, distribusi logistik, serta konektivitas antar pulau.

Salah satu faktor utama dalam menunjang kelancaran transpotasi laut tersebut adalah keberadaan Sarana Bantu Navigasi-Pelayaran (SBNP) sebagai sarana di bidang keselamatan pelayaran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan berlayar bagi kapal-kapal yang melintas.

"Untuk itu saya tegaskan kembali bahwa Sarana Bantu Navigasi Pelayaran khususnya Menara Suar memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang konektivitas maritim demi mewujudkan cita-cita mulia Republik Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia," kata dia dalam siaran pers, Rabu (22/9/2021).

Saat ini sebagai poros maritim dunia, maka penyelenggaran keamanan dan keselamatan pelayaran adalah menjadi hal yang utama. Untuk itu, guna menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran sekaligus menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), saat ini Indonesia di dukung oleh 285 Menara Suar yang dikelola 25 Kantor Distrik Navigasi dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hari ini merupakan Peringatan Hari Menara Suar Tahun 2021. Menurutnya, dalam perwujudan keamanan dan keselamatan pelayaran dimaksud, Ditjen Perhubungan Laut tidak bisa bergerak sendiri, untuk itulah maka peringatan Hari Menara Suar Tahun 2021 mengangkat tema "Harmonikan Cahaya Poros Maritim Dunia".

"Dengan tema ini kita berharap agar semua pihak yang terlibat dapat meningkatkan keharmonisan sehingga keamanan dan keselamatan tetap terjaga di seluruh perairan Indonesia", kata Arif.

Lebih jauh Arif mengatakan seirama dengan amanah yang diusung pada tema Hari Perhubungan Nasional yaitu "Bergerak Harmonikan Indonesia, transportasi laut sebagai bagian dari sistem transportasi nasional terus dikembangkan dalam rangka mewujudkan prinsip wawasan nusantara untuk mempersatukan seluruh wilayah perairan Indonesia dan merupakan kegiatan yang vital dalam menyelaraskan kehidupan berbangsa dan bernegara.