Hoki Nih! Penyelam Nemu Harta Karun Romawi di Dasar Laut, Berapa Nilainya?

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 27 Sep 2021 10:35 WIB
Bida Nok, Phi Phi Islands, Andaman sea, Thailand - Sept 02 2017:  One female scuba divers swims through a massive shoal of Bigeye Snapper Fish.  The fish starburst all around and she is enjoying nature.  Coral reefs are the one of earths most complex ecosystems, containing over 800 species of corals and one million animal and plant species. Here we see a shallow coral reef consisting mainly of hard corals supporting shoals of Bigeye Snapper (Lujanus lutjanus).
Ilustrasi/Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Sebanyak dua penyelam amatir menemukan salah satu koleksi koin Romawi terbesar di Eropa di lepas pantai timur Spanyol. Mereka adalah Luis Lens dan César Gimeno yang menyelam di pulau Portitxol di Xàbia pada 24 Agustus lalu.

Para ilmuwan dari Institute in Archaeology and Historical Heritage menganalisis koin-kin yang ditemukan para penyelam tersebut dengan perkiraan dari abad ke-4 hingga awal abad ke-5.

Koin-koin itu dalam kondisi sangat baik sehingga tulisannya masih dapat terbaca dan memungkinkan tim mengidentifikasi koin-koin dari masa pemerintahan sejumlah kaisar Romawi.

Ada tiiga tanggal dari Valentinian I, tujuh dari Valentinian II, 15 dari Theodosius I, 17 dari Arcadius, 10 dari Honorius, dan ada satu koin yang tak teridentifikasi. Selain koin, para penyelam jua menemukan tiga paku yang diperkirakan terbuat dari tembaga, serta sisa-sisa timah yang mungkin berasal dari peti di dalam laut.

Profesor sejarah kuno Universitas Alicante dan pemimpin tim arkeolog bawah air, Jaime Molina Vidal mengatakan ini adalah salah satu set koin emas Romawi terbesar yang ditemukan di Eropa.

"Ini sangat signifikan. Ini sangat berharga," kata Molina dikutip dari CNN, Senin (27/9/2021).

Koin-koin diduga disembunyikan pemilik kala itu. Berlanjut ke halaman berikutnya.