Trade Expo Indonesia Digelar Virtual, Bidik Transaksi Rp 21 T

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 27 Sep 2021 11:34 WIB
Dok. Trade Expo Indonesia
Foto: Dok. Trade Expo Indonesia
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi resmi meluncurkan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 Digital Edition. Acara ini akan diselenggarakan pada 21 Oktober-4 November 2021 (online interactive) dan showcase akan terus berlangsung sampai 20 Desember 2021.

"Dengan mengangkat tema besar Reviving Global Trade, diharapkan TEI dapat menjadi upaya menghidupkan kembali perdagangan global yang sempat mengalami kelesuan akibat COVID-19," kata Lutfi dalam peluncuran TEI ke-36 dilihat virtual, Senin (27/9/2021).

Lutfi menargetkan selama acara berlangsung pihaknya akan berhasil membukukan transaksi sebesar US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21,34 triliun (kurs Rp 14.225). Jumlah itu lebih besar dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar US$ 1,2 miliar.

"Kami optimis TEI ke-36 2021 dapat mencapai target transaksi dagang lebih besar hingga US$ 1,5 miliar diikuti 1.000 perusahaan serta dihadiri setidaknya oleh 500.000 visiter dan buyers dari mancanegara," tuturnya.

Lutfi menjelaskan yang membedakan pameran virtual dagang kali ini dengan tahun lalu yakni kemudahan dan kenyamanan yang diberikan melalui paltform interaktif baru dalam format e-catalog. Dengan begini kegiatan interaktif antara seller dan buyer disebut akan berjalan lebih efisien dan efektif.

"TEI tahun ini akan menghadirkan business matching, business forum, business counseling, serta primaniyarta dan primaduta award. Dalam TEI ke-36 ini juga kami akan mengundang Menteri Perdagangan dari negara sahabat seperti Singapura dan Filipina, Direktur Jenderal WTO dan Managing World Bank yang akan diagendakan hadir dalam TEI ini," bebernya.

Salah satu yang berbeda lainnya yakni untuk pertama kalinya akan diselenggarakan forum khusus terkait industri halal yaitu Halal Trade Forum. Dalam acara itu nantinya akan digelar kegiatan muslim fashion show hingga talkshow.

"Berkolaborasi dengan Indonesian Fashion Chamber, juga akan menyelenggarakan Muslim Fashion Festival dengan rangkaian kegiatan muslim fashion show dan talkshow. Hal ini kami lakukan dengan upaya nyata untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri produk halal dunia serta menjadi kiblat industri muslim dunia," tandasnya.



Simak Video "Mendag: China Komitmen Beli Sarang Burung Walet dari RI Senilai Rp 16 T"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/ang)