4 Jurus buat UMKM Bisa Tembus Pasar Dunia

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 27 Sep 2021 20:49 WIB
Pandemi berkepanjangan membuat kehidupan berubah 180 derajat. Yang biasanya mapan tiba-tiba terjebak PHK. Yang biasanya banyak order dan pekerjaan tiba-tiba harus end.  Sebagian  frustasi hingga mencari sensasi, berbikini yang berujung digelandang polisi.  Namun masih banyak yang waras dan menerima kenyataan bahwa panggung kehidupan harus tetap berjalan. Merekalah orang-orang yang pantang menyerah meski zaman serba susah.
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra

Berbagai upaya dilakukan Kementerian Perindustrian untuk mendorong IKM menembus pasar ekspor, antara lain melalui program E-Smart IKM, dukungan teknologi melalui program restrukturisasi mesin dan peralatan, pengembangan desain kemasan, melakukan pembinaan/bimbingan teknis untuk mendorong IKM memahami prosedur melakukan ekspor.

Kemudian, berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga lainnya, bekerjasama dengan lembaga pembiayaan dan agregator, serta secara aktif melakukan promosi perdagangan pada pameran-pameran berskala internasional.

Puncak KKI 2021 digelar selama 4 hari, sejak 23 September 2021 hingga 26 September 2021. Selain kegiatan dialog kebijakan, Puncak KKI 2021 menampilkan Pagelaran Karya Kreatif, showcasing dan pameran produk UMKM, business coaching, business matching, talk show, webinar aktivasi wastra, wisuda UMKM onboarding, dan pemberian penghargaan UMKM.

Puncak KKI 2021 diikuti oleh 525 UMKM dari seluruh Nusantara, baik dari UMKM binaan Bank Indonesia, Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah. Seluruh kegiatan KKI dan pameran produk UMKM berkualitas prima dapat diakses pada www.karyakreatifindonesia.co.id. Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI menyediakan menu katalog dan kontak pada website KKI.


(hns/hns)