Manuver Anies Gaet 2 Menteri Jokowi 'Sulap' Transportasi Jabodetabek

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 20:00 WIB
Penataan kawasan Stasiun Tebet diresmikan hari ini. Peresmian dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menhub Budi Karya Sumadi.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak kompak bersama dua menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam menyulap wajah transportasi di Jabodetabek.

Kolaborasi ketiganya ditandai dengan pencanangan kartu dan aplikasi JakLingko, pembangunan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) dan revitalisasi Stasiun Sudirman, peresmian penataan kawasan Stasiun Tahap 2 (Tebet dan Palmerah), dan penandatanganan dokumen integrasi Transportasi Jabodetabek.

"Ini semuanya akan bisa makin membuat Jakarta, Jabodetabek setara dengan kota kota maju dunia lainnya," kata Anies dalam sambutannya, Rabu (29/9/2021).

Anies menyebut kerja sama dengan kedua menteri Jokowi itu bukan kali pertama dilakukan. Disebutkannya, seminggu setelah Erick dilantik menjadi menteri BUMN, keduanya langsung menjajakan kerja sama.

"Kita janjian mau ketemu, beliau yang milih datang ke balaikota dan ada perintah Bapak Presiden waktu itu untuk jalankan apa yang harus dikerjakan di Jakarta. Nampaknya sederhana, tapi ini penting sekali kita garis bawahi kolaborasi adalah kata kunci," tuturnya.

Anies juga menyampaikan kerja sama yang sudah dilakukan bersama Menhub mengenai penataan kawasan Stasiun Tanah Abang.

"Kita masih ingat Pak Budi, 1,5 tahun yang lalu bulan Maret/April kita meresmikan Tanah Abang, dan ketika Tanah Abang itu menjadi banyak yang melihat wajahnya berubah, sekarang kalau turun dari kereta api, dan integrasi antar transport-nya juga berlangsung dengan amat -kalau bahasa sekarang smooth- kita berharap ini terus akan bisa kita tuntaskan," tambah Anies.