PeduliLindungi Diuji Coba buat Masuk Pasar, Lancar Nggak?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 30 Sep 2021 08:35 WIB
Aplikasi Pedulilindungi Diuji Coba di Pasar Tradisional
Foto: Aulia Damayanti
Tangerang Selatan -

PeduliLindungi akan berlaku untuk memasuki pasar tradisional. Pemerintah melakukan uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi di 6 pasar tradisional, salah satunya seperti di Pasar Modern 8, Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, beberapa pintu masuk di Pasar Modern 8 ini wajib menggunakan scan barcode menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Mulai dari Pintu Timur, Barat, Selatan dan Utara.

Karena baru akan berlaku, sejumlah orang terlihat kebingungan saat akan memasuki pasar. Salah satu pengunjung yang tergolong lansia mengaku kebingungan saat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Akhirnya petugas membantu membantu membuka aplikasi dan scan barcodenya.

"Saya kemarin sudah di-download-in sama anak saya, nggak apa-apa, hanya bingung aja. Tapi kan sudah dibantu tadi," kata pengunjung yang enggan menyebutkan namanya kepada detikcom, Kamis (30/9/2021).

Aplikasi Pedulilindungi Diuji Coba di Pasar TradisionalAplikasi Pedulilindungi Diuji Coba di Pasar Tradisional Foto: Aulia Damayanti

Di Pintu Utara, ditemukan pedagang pasar yang mengeluhkan kalau dirinya tidak memiliki paket internet. Akhirnya, dia bisa masuk karena mendapatkan hotspot dari temannya.

"Iya ini nggak ada paket. Tapi bisa ini dikasih hotspot," kata pedagang pasar, Andi.

Aplikasi Pedulilindungi Diuji Coba di Pasar TradisionalAplikasi Pedulilindungi Diuji Coba di Pasar Tradisional Foto: Aulia Damayanti

Sebagai informasi, PeduliLindungi memang menjadi aplikasi wajib saat ini untuk memasuki beberapa fasilitas umum, mulai dari mal, restoran dan kini terbaru untuk memasuki pasar tradisional.

Perintah baru mau menguji coba pemberlakuan PeduliLindungi di 6 pasar tradisional. Pasar tersebut tersebar dari Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Tengah (Jateng).

Hal ini disampaikan juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam siaran langsung di YouTube BNPB, Selasa (28/9/2021).

"Uji coba penerapan aplikasi PeduliLindungi akan dilaksanakan di enam pasar rakyat, yakni Pasar Mayestik di Jakarta, Pasar Blok M di Jakarta, Pasar Baltos di Bandung, Pasar Modern BSD di Tangerang Selatan, Pasar Modern 8 di Alam Sutra di Tangerang, dan Pasar Wanadri di Semarang," kata Wiku.

Saksikan juga: d'Mentor: Deteksi Investasi Bodong

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)