Daftar Lengkap Komisaris & Direksi Pelindo

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 02 Okt 2021 11:30 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

Empat BUMN pelabuhan yakni PT Pelindo I-IV resmi digabung per 1 Oktober 2021. Alhasil hanya ada mulai sekarang hanya ada satu Pelindo.

Penggabungan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 101 Tahun 2021 mengenai penggabungan Pelindo I, III, IV ke dalam Pelindo II. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Kementerian BUMN selaku pemegang saham langsung menetapkan jajaran Komisaris dan Direksi.

Hasilnya menunjuk Arif Suhartono tetap sebagai Direktur Utama (Dirut) Pelindo II. Dengan merger ini nantinya pelabuhan akan menjadi satu kesatuan sistem. Sejalan dengan itu, nantinya Pelindo akan membentuk empat sub holding.

"Alhamdulillah, penggabungan empat BUMN pelabuhan, berintegrasi menjadi satu Pelindo sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan, dan PP dari Presiden Joko Widodo juga sudah disahkan," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Jumat (1/10/2021).

Setelah merger perusahaan akan berganti nama menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Hasil dari merger ini akan memberikan layanan pelabuhan yang makin baik, salah satunya biaya logistik bisa ditekan.

Erick mengatakan, merger ini membuat pelabuhan Indonesia semakin kuat. Serta, meningkatkan konektivitas di berbagai wilayah Indonesia.

"Seperti yang sering saya ungkapkan, penggabungan ini dilakukan untuk membuat industri kepelabuhanan nasional yang lebih kuat, dan meningkatkan konektivitas maritim di seluruh Indonesia, serta meningkatkan kinerja dan daya saing BUMN di bidang kepelabuhanan," ujarnya.

Berikut adalah daftar jajaran Komisaris dan Direksi dari PT Pelindo II (Persero). Langsung klik halaman kedua: