Tahukah Kamu?

Penjelasan Sederhana Pandora Papers, Skandal Orang Kaya Punya 'Tabungan' Rahasia

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 10:37 WIB
Mata uang poundsterling / pounds
Foto: Dok. REUTERS/Leonhard Foeger
Jakarta -

Skandal Pandora Papers yang bocor ke publik telah membuka 12 juta dokumen yang berisi harta tersembunyi, pengemplang pajak, bahkan sampai ada pencucian uang yang dilakukan oleh orang-orang kaya dunia.

Lebih dari 600 jurnalis dari 117 negara sudah menyusuri jutaan dokumen yang dibocorkan 14 sumber itu selama berbulan-bulan. Seminggu sekali para jurnalis ini melaporkan temuannya ke publik.

Datanya pertama kali didapat oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) di Washington DC. Kemudian ICIJ mengajak lebih dari 140 media untuk melakukan investigasi bersama.

BBC Panorama dan The Guardian memimpin investigasi untuk tim di Inggris. Berikut penjelasan sederhananya, seperti dikutip dari BBC, Senin (4/10/2021).

Apa saja yang sudah dibuka ke publik?

Saat ini rahasia yang sudah bocor di antaranya 6,4 juta dokumen, sekitar 3 juta foto, lebih dari sejuta email dan setengah juta spreadsheet. Berita yang sudah muncul ke publik di antaranya.

- Raja Yordania memborong properti dengan nilai 70 juta pound sterling (1,4 triliun) di Inggris dan AS menggunakan perusahaan yang dimilikinya secara rahasia.
- Keluarga terpandang Azerbaijan terlibat dalam deal properti di Inggris dengan nilai lebih dari 400 juta pound sterling (Rp 80 triliun).
- Perdana menteri Cekoslovakia tidak melaporkan hartanya berupa 2 vila di Prancis yang dibeli menggunakan perusahaan cangkang di luar negeri.
- Keluarga Presiden Kenya Uhuru Kenyatta diam-diam punya jaringan perusahaan offshore selama puluhan tahun.

Dokumen-dokumen ini membuka berbagai rahasia yang selama ditutup-tutupi oleh orang-orang paling berpengaruh di seluruh dunia. Ada sekitar 300 politisi dari 90 negara disinggung dalam dokumen tersebut menyembunyikan harta melalui perusahaan offshore.

"Orang-orang ini punya kuasa untuk mengirimkan dan menyembunyikan hartanya dengan baik," kata Lakshmi Kumar dari Global Financial Integrity.

Apa yang dimaksud dengan 'offshore'? Lihat di halaman berikutnya.

Simak juga: Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah

[Gambas:Video 20detik]