Tahukah Kamu?

Penjelasan Sederhana Pandora Papers, Skandal Orang Kaya Punya 'Tabungan' Rahasia

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 10:37 WIB
Mata uang poundsterling / pounds
Foto: Dok. REUTERS/Leonhard Foeger

Apa yang dimaksud dengan 'offshore'?

Pandora Papers membuka adanya jaringan yang rumit perusahaan-perusahaan yang dibuat dan beroperasi di luar batas negara, sehingga harta dan kepemilikan yang disimpan di sana bisa tersimpan secara rahasia.

Misalnya, ada orang kaya Indonesia yang beli rumah di Singapura, tapi belinya menggunakan jaringan perusahaan yang berdiri dan beroperasi di Cayman Island alias di luar negeri aka offshore.

Negara atau wilayah seperti apa yang bisa disebut offshore? Ini kriterianya:
- mudah bikin perusahaan baru
- ada hukum yang seolah menutup identitas si pemilik perusahaan
- pajak perusahaan rendah atau tidak ada sama sekali

Nah, wilayah-wilayah seperti ini biasanya disebut dengan tax haven. Tidak ada daftar pasti negara-negara tax haven ini, tapi ada beberapa yang dikenal luas seperti Cayman Islands dan British Virgin Islands, sama halnya seperti Swiss dan Singapura.

Tax haven itu ilegal nggak sih?

Tax haven itu bekerja memanfaatkan 'lubang' yang ada di aturan dan hukum, misalnya memanfaatkan aturan untuk tidak membayar pajak karena punya yayasan kemanusiaan, atau aturan untuk memindahkan uang ke luar negeri dengan situasi tertentu. Secara hukum tidak ada aturan yang dilanggar, tapi secara etika lain lagi ceritanya.

Ada alasan lain juga orang-orang kaya ini menyimpan uang di luar negeri, misalnya supaya lebih aman dari serangan penjahat atau alasan lain adalah takut ada revolusi di negaranya.

Meski menyimpan uang di luar negeri tidak melanggar hukum, namun jika beroperasi menggunakan jaringan perusahaan rahasia untuk mengirim uang ke sana ke mari bisa disebut sebagai kejahatan.

Seberapa sulit menyembunyikan uang di luar negeri? Lihat di halaman selanjutnya.