PeduliLindungi Sudah Ada di Shopee, Begini Cara Bukanya

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 05 Okt 2021 12:34 WIB
Gudang Shopee Kebakaran di Jakut, Shopee Jelaskan soal Barang Pelanggan
Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Fitur PeduliLindungi kini tersedia di Shopee. Toko online (e-commerce) tersebut menjadi salah satu mitra Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menghadirkan akses aplikasi PeduliLindungi dalam aplikasi Shopee.

Fitur PeduliLindungi memungkinkan pengguna Shopee yang memiliki NIK untuk melakukan scan QR Code saat check-in dan check-out di fasilitas publik langsung dari aplikasi Shopee. Fitur tersebut berada di laman depan aplikasi Shopee, bisa digunakan per 2 Oktober 2021.

Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji menjelaskan integrasi tersebut bertujuan untuk menjawab permasalahan masyarakat yang enggan atau terkendala menginstal PeduliLindungi pada ponselnya.

"Ini menjawab kalau ada orang yang punya handphone terus enggak mau instal PeduliLindungi, nah bisa menggunakan ini. Aplikasi PeduliLindungi memiliki peran penting terhadap pengendalian kasus COVID-19 seperti hasil tes, tracing, hingga pelayanan medis jarak jauh dan layanan obat gratis, sehingga masyarakat perlu mendapatkan kemudahan dalam mengakses aplikasi ini. Dengan bekerja sama kepada mitra dari aplikasi yang sering digunakan, diharapkan masyarakat tidak mengalami kesulitan lagi dalam mengakses PeduliLindungi tanpa perlu mengunduh aplikasi asli," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10/2021).

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja menjelaskan upaya Shopee sebagai mitra strategis pemerintah.

"Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukIndonesia, Shopee percaya bahwa kerja sama dan sinergi perlu dilakukan untuk bisa memperluas dampak positif dari berbagai inisiatif yang ada. Shopee senang dapat menjadi salah satu mitra Pemerintah Indonesia dengan menawarkan kemudahan akses aplikasi PeduliLindungi melalui platform kami, yang kini digunakan di 514 Kota dan Kabupaten se-Indonesia. Kami berharap kerja sama ini dapat mempermudah akses masyarakat pada aplikasi yang sangat krusial ini, terutama dalam upaya pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus Covid-19," jelas Handhika.

Agar dapat mengakses PeduliLindungi di aplikasi Shopee, pengguna hanya perlu mengklik logo PeduliLindungi yang berada di laman depan platform. Pengguna kemudian akan diminta check-in dengan melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu. Pengguna tinggal mengisi nama lengkap dan nomor KTP, setelahnya dapat melakukan scan kode QR yang biasa tertera di pintu masuk fasilitas publik.

Terkait isu keamanan data pengguna, fitur PeduliLindungi tidak menyimpan data pribadi di aplikasi mitra, melainkan hanya meneruskan data pengguna ke sistem PeduliLindungi dan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) untuk melakukan validasi NIK. Dalam aplikasi mitra, data tidak disimpan di server mitra serta tidak dapat menyimpan data lokasi saat check-in dan check-out ataupun meneruskan ke sistem lainnya.

Sebagai mitra Kemenkes, Shopee juga menerapkan kebijakan manajemen risiko yang kuat dalam hal operasional. Shopee juga telah bersertifikat ISO/IEC 27001:2013 terkait persyaratan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi dalam konteks organisasi. Shopee juga menerapkan sistem keamanan yang sesuai dengan regulasi pemerintah dan berstandar global sesuai perkembangan teknologi terkini.

Simak Video: Alasan Pengunjung Nggak Pakai PeduliLindungi Saat Masuk Pasar

[Gambas:Video 20detik]



(toy/ara)