5 Pekerjaan Ini Bakal Jadi Tren Setelah Pandemi, Apa Saja?

Nurcholis Maarif - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 15:48 WIB
Ilustrasi Back End Developer
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Pandemi membuat perusahaan harus mengganti pola kerja yang lebih banyak dilakukan di rumah (WFH) atau bekerja secara remote untuk mematuhi aturan pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah. Pada sisi lain, perusahaan juga dituntut menyiapkan langkah selanjutnya untuk menghadapi transformasi digital yang semakin cepat terjadi akibat pandemi.

Salah satunya membuat divisi baru dan merekrut pekerja yang sesuai dengan kondisi serba digital saat ini. Tapi sebelum membuat divisi baru dan mencari pekerjanya, ada baiknya tim HRD perusahaan hingga sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengetahui beberapa jenis pekerjaan yang diprediksi bakal menjadi tren usai pandemi.

Dilansir dari Salary, ada beberapa jenis pekerjaan yang diprediksi bakal jadi tren usai pandemi.

1. Software/Web/App Developer

Saat ini semua perusahaan membutuhkan seorang software developer, web developer, atau app developer. Jenis pekerjaan yang saat ini paling diminati di Indonesia dan dunia ini dapat merancang, mendesain, dan mengembangkan website hingga aplikasi perusahaan yang dibutuhkan pasar saat ini.

2. UI/UX Designer

Beda dengan pekerjaan nomor satu, UI/UX Designer bertugas mengurus user interface dan user experience dengan memaksimalkan pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi atau website. Seperti diketahui, penampilan user interface dalam sebuah aplikasi dan website sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

3. Graphic Designer/Illustrator/Animator

Desain grafis, ilustrasi dan animasi adalah posisi pekerjaan yang kini wajib dimiliki setiap perusahaan hingga UMKM. Hal ini dapat membantu merepresentasikan image hingga produk perusahaan di tengah mayoritas masyarakat yang pengguna internet dan media sosial.

4. Digital Marketing

Persaingan pasar di internet kini semakin ketat dan sulit bagi suatu perusahaan untuk memasarkannya tanpa strategi yang tepat. Sehingga posisi seseorang yang ahli dalam digital marketing sangat dibutuhkan perusahaan saat ini hingga usai pandemi nanti.

5. Data Analyst

Seorang data analyst bertugas menerjemahkan angka-angka menjadi laporan yang bisa dimengerti oleh perusahaan. Setiap perusahaan pasti membutuhkan data penjualan, riset pasar, logistik, hingga biaya transportasi. Posisi ini penting untuk perusahaan menghadapi transformasi digital yang juga harus menghadapi fenomena big data.

Itulah beberapa pekerjaan yang diprediksi akan menjadi tren usai pandemi. Untuk mencari pekerja yang sesuai kriteria yang dibutuhkan tersebut, baik perusahaan besar maupun UMKM, bisa memanfaatkan berbagai platform pencari kerja seperti Jobstreet.

Melalui Jobstreet, UMKM atau perusahaan, bisa merekrut berbagai posisi yang dibutuhkan sesuai kriteria dengan memasang lowongan kerja, yang saat ini dapat dilakukan cukup dengan mengirimkan WhatsApp. Sebaliknya, bagi pencari kerja, bisa mempersiapkan diri dengan meningkatkan keahlian hingga membuat resume atau CV yang bagus untuk daftar pekerjaan tersebut.

(ncm/ega)