Bertemu Pengusaha Jabar, Erick Thohir Bahas Potensi Ekonomi Baru Patimban

Wisma Putra - detikFinance
Sabtu, 09 Okt 2021 22:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Bandung -

Sejumlah pengusaha di Jawa Barat yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar membahas perkembangan perekonomian selama pandemi COVID-19 bersama Menteri BUMN Erick Thohir.

Pertemuan yang digelar di Hotel El-Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Sabtu (9/10/2021) ini juga membahas potensi perekonomian baru di kawasan Patimban, Subang.

"Di Jawa Barat sedang ada pembangunan yang direncanakan baik pemerintah daerah atau pusat, seperti yang saya sampaikan ke Apindo dan Pak Gubernur bagaimana kita bergotong royong antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, swasta bisa kembali meningkatkan perekonomian yang di Jawa Barat, tentunya Patimban sudah ada investasinya, kita BUMN hanya ikut 5% Pelindo, tetapi Patimban tidak cukup kalau kita tidak bangun kawasan industri salah satunya Subang yang memang sedang dibicarakan oleh kami dan Pak Ridwan Kamil untuk menjadi pusat ekonomi baru di sana," kata Erick usai pertemuan.

Erick berpesan kepada para pengusaha agar membuat roadmap untuk menumbuhkan perekonomian di Jabar.

"Tadi saya bicara ke Apindo juga banyak sektor perekonomian yang bisa menumbuhkan perekonomian Indonesia, ayo kita sama-sama buat roadmap, ini era digitalisasi, sehingga banyak sekali perusahaan berubah bisnis modelnya, kita harus antisipasi sama-sama," ungkapnya.

Erik ingin pangsa pasar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, bukan untuk pertumbuhan ekonomi negara lain. "Kita harus pastikan ini, karena challenge ke depan para pengusaha persaingan tidak seimbang akan memberatkan pengusaha lokal," ujarnya.

"Apalagi ujian lapangan kerja, ini yang akan kita coba sama-sama gotong royong, toh bangsa Indonesia bisa bangkit dalam krisis," tambahnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "7 Perusahaan BUMN yang Mau Dibubarkan Erick Thohir, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]