Erick Thohir Targetkan 25% Bos BUMN Perempuan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 11 Okt 2021 17:30 WIB
Logo baru Kementerian BUMN/Screenshot video
Foto: Logo baru Kementerian BUMN/Screenshot video
Jakarta -

Porsi perempuan dalam jajaran petinggi BUMN akan diperbesar. Kementerian BUMN menargetkan, porsi perempuan dalam jajaran petinggi perusahaan pelat merah mencapai 25% di tahun 2023.

Tak hanya itu, peran kalangan muda juga akan dipacu dan porsinya ditargetkan mencapai 10% di tahun yang sama.

"Kita akan commit sesuai dengan target kita, untuk perempuan nanti 25% pada 2023, juga kepemimpinan muda ini 10% pada 2023," kata Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Tedi Bharata dalam konferensi pers, Senin (11/10/2021).

Ada sejumlah pekerjaan rumah untuk mencapai target tersebut. Tedi menjelaskan, Menteri BUMN terpilih dalam program Girls Take Over, Sharon Florencia mengusulkan agar ada pendampingan atau mentoring. Sementara, Srikandi BUMN bersama World Bank atau Bank Dunia berencana membuat program pendampingan.

"Tentunya kita ada PR nih untuk mencapai target itu, salah satunya saya dapat masukan dari Kak Menteri tadi, ada program mentoring untuk perempuan, dan juga nanti program-program yang sedang kita jalankan. Bu Tina (Ketua Srikandi BUMN) juga sedang menggodok program dengan World Bank untuk yang mentorship," paparnya.

Dia melanjutkan, untuk pengembangan peran perempuan ini tidak akan dilakukan sendiri. Melainkan, akan menggandeng pihak-pihak lain, baik dalam maupun luar negeri.

"Jadi kembali kita tidak kerja sendiri, kita kolaborasi, kita bekerja sama dengan pihak-pihak yang lain baik dalam negeri maupun luar negeri, termasuk dalam hal ini World Bank untuk peningkatan SDM kita," katanya.

(acd/zlf)