Belum Vaksin? Daftar Online Sekarang! Begini Caranya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 12 Okt 2021 13:06 WIB
Phase 3 Novavax coronavirus vaccine trial vaccine volunteer Franklyn Howe is given an injection at St Georges University hospital at in London, Wednesday, Oct. 7, 2020. Novavax Inc. said Thursday Jan. 28, 2021 that its COVID-19 vaccine appears 89% effective based on early findings from a British study and that it also seems to work — though not as well — against new mutated strains of the virus circulating in that country and South Africa. (AP Photo/Alastair Grant)
Foto: AP/Alastair Grant
Jakarta -

Saat ini sertifikat vaksin sudah banyak dipergunakan sebagai salah satu syarat untuk beraktivitas, seperti pergi ke mal, tempat wisata, menggunakan transportasi umum, dan lain sebagainya. Karena itu bagi masyarakat yang belum menerima vaksin, akan lebih baik untuk segera daftar vaksin online.

Syaratnya pun mudah dan tidak perlu melampirkan dokumen apapun. Selain itu, cara pendaftarannya pun bisa dilakukan secara online dan tidak repot. Karenanya bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri untuk divaksinasi, sekarang bisa daftar vaksin online lewat handphone.

Lalu bagaimana cara daftar vaksin online ini?

Pendaftar hanya perlu menginput nomor induk kependudukan (NIK) hingga detail profil seperti nama lengkap serta alamat sesuai KTP di aplikasi PeduliLindungi.

Perlu diketahui, kini usia anak 12 -17 tahun dan ibu hamil sudah bisa divaksinasi COVID-19. Berikut tiga cara mudah pendaftaran vaksin COVID-19 online, dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

Daftar vaksin online ini salah satunya bisa dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi. Bagi yang belum punya aplikasi maupun akun PeduliLindungi, berikut ini langkah-langkah mengunduh aplikasi PeduliLindungi:

1. Download aplikasi PeduliLindungi di Google Play atau AppStore
2. Buat akun dengan cara melakukan pendaftaran akun, masukkan email dan nama lengkap sesuai dengan yang tertera di KTP
3. Centang tanda setuju di bagian 'Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi 'lalu pilih daftar
4. Kalian akan menerima kode OTP yang dikirimkan lewat email atau SMS
5. Masukan kode OTP lalu tap verifikasi. Kini kalian sudah mempunyai akun di aplikasi PeduliLindungi

Jika sudah punya akun PeduliLindungi, kalian tinggal pilih menu 'Pendaftaran Vaksin' di pojok kiri bawah menu beranda. Berikut cara daftar vaksin online melalui aplikasi PeduliLindungi:

1. Buka aplikasi PeduliLindungi
2. Tap pendaftaran vaksin, lalu isi data diri berupa NIK dan nama lengkap
3. Tap kotak bertuliskan selanjutnya untuk ke tahapan berikutnya
4. Konfirmasi detail penerima vaksin
5. Masukkan kode verifikasi, pendaftaran selesai.

Sistem informasi vaksinasi COVID-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan kepada sasaran penerima vaksin yang telah terverifikasi. Lalu pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi PeduliLindungi.

Demikian cara daftar vaksin online melalui aplikasi PeduliLindungi. Bila kamu belum divaksinasi, segera mendaftarkan diri ya! Biar kita semua terlindungi.

(das/das)