Pengusaha: Kalau Mau Ekonomi Sehat Lagi Kuncinya di Swasta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 20 Okt 2021 17:00 WIB
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani
Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik
Jakarta -

Pengusaha membeberkan kontribusi sektor swasta ke perekonomian Indonesia. Menurut eks ketua umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani, pengusaha berperan pada 60% pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pria yang kini menjadi Ketua Dewan Kehormatan Kadin Indonesia itu menilai peran pengusaha untuk kembali menyehatkan ekonomi Indonesia sangat besar.

"Perekonomian untuk kembali berjalan sehat kuncinya ini di sektor swasta. Peran sektor swasta 60 persen dari pertumbuhan GDP. Kalau ekonomi mau sehat dan tumbuh kuncinya adalah peran swasta, pengusaha kayak kita ini," kata Rosan dalam pelantikan pengurus baru Kadin Indonesia secara virtual, Rabu (20/10/2021).

"Makanya Kadin ini perannya vital dalam rangka motor penggerak ekonomi Indonesia," tambahnya.

Lebih jauh lagi, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menambahkan, salah satu kontribusi besar pengusaha ke ekonomi Indonesia adalah penciptaan lapangan kerja. Dia bilang dengan penciptaan lapangan kerja angka kemiskinan bisa ditekan.

"Kita lah yang bertugas ciptakan lapangan kerja, dan dari situ bisa kurangi kemiskinan," ungkap Arsjad.

Dia menjelaskan selama ini pengusaha menjadi pihak yang lebih banyak menciptakan lapangan kerja. Bahkan, lebih besar jumlahnya kalau dibandingkan pemerintah.

"Pengusaha ciptakan lapangan kerja, bukan cuma pemerintah. Berapa banyak PNS, berapa banyak TNI-Polri? Jelas yang akan lebih banyak (menciptakan lapangan kerja) adalah perusahaan-perusahaan," ungkap Arsjad.

(hal/eds)