Geber Ekonomi-Dukung Lumbung Pangan, Kapal Perintis Dirilis di Kalsel

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 23 Okt 2021 19:45 WIB
Kapal Perintis di Kalsel KM Sabuk Nusantara
Foto: Dok. Kemenhub

KM Sabuk Nusantara 111 tersebut berkapasitas lebih dari 400 penumpang dan melayani rute Kotabaru - Tanjung Samalantakan - Tanah Grogot - Balikpapan - Tanah Grogot - Tanjung Samalantakan - Kotabaru - Mamuju - Kotabaru.

Dengan beroperasinya Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 111 ini sangat mendukung keberlangsungan konektivitas dan mobilitas orang dan barang wilayah -
wilayah terpencil di Kotabaru.

"Saya berharap kehadiran kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar," ujarnya.

Capt Mugen mengungkapkan saat ini Kementerian Perhubungan juga tengah mempersiapkan satu kapal baru lagi yang akan mendukung pengoperasian angkutan laut perintis, yaitu KM Sabuk Nusantara 76 menuju pangkalan Apal di Gorontalo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto menyebutkan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 mematok harga tiket yang sangat ekonomis.

"Untuk Setiap tripnya hanya bertarif Rp 5.000 bagi penumpang ekonomi, dan untuk penumpang Kelas 1 dengan harga Rp 19.500, nilai ini sangat ekonomis," ujarnya.


(ara/ara)