Kemendag-Pemprov DKI Teken MoU Genjot UKM Ekspor ke Pasar Global

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 20:27 WIB
Kemendag-Pemprov DKI Teken MoU Genjot Akses UKM Ekspor ke Pasar Global
Foto: Dok. Kemendag
Jakarta -

Kementerian Perdagangan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Semeru Indonesia Maju (Goorita.com), ID Seed, dan Accelerice menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) Ekosistem Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Ekspor dengan target transaksi sebesar US$ 12,5 juta.

Penandatanganan MoU dilakukan secara virtual yang dilakukan oleh Direktur Jenderal PEN Didi Sumedi, CEO Accelerice Charlotte Kowara, Ketua Umum ID Seed Ira Damayanti, Founder PT Semeru Indonesia Yuwono Wicaksono, dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu.

Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi, kerja sama ini merupakan upaya sinergisitas pemerintah dan sektor swasta dalam mendorong UMKM memperluas akses ekspor ke pasar global.

"Kami melihat perlu adanya pembangunan ekosistem yang menghubungkan produk UKM dan pasar global business to business (b2b) maupun business to consumer (b2c) untuk mencetak UKM-UKM ekspor. Pihak-pihak yang melakukan kerja sama dalam ekosistem ini nantinya memiliki perannya masing-masing," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10/2021).

Didi menjelaskan ID Seed nantinya berperan membuka akses pasar melalui jaringan diaspora, Accelerice mendukung peningkatan kapasitas UKM sektor makanan melalui inovasi produk makanan, sedangkan Goorita.com menyediakan konektivitas melalui lokapasar dan jasa logistik dengan harga terjangkau.

"Eksosistem ini dibentuk untuk membantu para pelaku usaha agar memiliki kualitas dan daya saing global. Kolaborasi dengan lembaga akseletrator dan integrator seperti ID Seed, Accelerice, dan Goorita.com, serta dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan kurasi pelaku usaha akan menghasilkan program yang berkesinambungan. Selain itu, juga dapat mencetak lebih banyak UKM ekspor," ungkap Didi.

Selain penandatangan MoU, pada kesempatan yang sama juga telah ditandatangani perjanjian kerja sama antara Direktorat Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Dinas PPKUKM, PT Semeru Indonesia Maju, ID Seed, dan Accelerice tentang Ekosistem UKM Ekspor yang merupakan kerja sama teknis turunan dari MoU.

Penandatanganan dilakukan secara virtual oleh Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan, Kepala Dinas PPKUKM Elisabeth Ratu, Direktur PT Semeru Indonesia Rifqi Edrus, Sekjen ID Seed Tengku Irham, dan Growth Manager Accelerice Darren Novender.

Sebagai implementasi perjanjian kerja sama, telah disusun rencana kerja selama satu tahun yang dimulai pada 2021-2022. Butir kerja sama tersebut, antara lain kurasi UKM siap ekspor untuk produk makanan dan minuman, holtikultura, furnitur, fesyen, dan kerajinan tangan; pelatihan berseri pengembangan produk; serta tes pasar melalui platform niaga elektronik (e-Commerce).

"Kami optimis melalui kerja sama ini akan tercipta sinergisitas yang baik antara pemerintah dan swasta dalam mengembangkan ekosistem UKM ekspor untuk menghasilkan UKM go global," tutur Didi.