Waduh! Harga PCR Turun, Eh Tiket Pesawat Meroket

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 20:30 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Pemerintah telah menurunkan harga pemeriksaan tarif tes PCR. Di wilayah Jawa-Bali harga tertingginya sebesar Rp 275 ribu dan di luar wilayah Jawa-Bali Rp 300 ribu.

Namun, ternyata di balik turunnya harga PCR, tiket pesawat malah terpantau meroket. Seperti diketahui PCR pun menjadi salah satu syarat perjalanan menggunakan transportasi udara.

Dari pantauan detikcom, Rabu (27/10/2021), di beberapa online travel agent harga tiket pesawat melonjak. Misalnya untuk rute penerbangan Jakarta-Padang saja, pada penerbangan di tanggal 10 Oktober harga tiketnya hanya Rp 570 ribu, namun kini paling murah berada di rentang Rp 700 ribuan.

"Saya kemarin terbang dari Jakarta ke Padang awal Oktober, tanggal 10, masih Rp 570 ribu," ungkap Andi, seorang pengguna pesawat dari Jakarta ke Padang kepada detikcom. Andi mengaku melakukan perjalanan ke Padang untuk urusan keluarga.

Per hari ini, harga tiket Jakarta-Padang di laman Traveloka paling murah sebesar Rp 710.400 yang ditawarkan oleh maskapai Lion Air. Tiket tersebut untuk kelas ekonomi yang terbang langsung tanpa transit tanggal 28 Oktober.

Tiket paling mahal ditawarkan Batik Air, sama-sama kelas ekonomi dengan penerbangan langsung tanpa transit harganya mencapai Rp 1.227.400.

Harga yang persis sama juga ditawarkan laman Tiket.com. Tiket paling murah Lion Air dan paling mahal Batik Air.

Bagaimana dengan rute lainnya? Buka halaman selanjutnya.

Simak Video: Harga Pasaran Turun, Tes PCR Pun Ikut Turun

[Gambas:Video 20detik]