Hadiri Pameran Suku Kamoro, Nadiem-Erick 'Borong' Ukiran

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 20:45 WIB
Pameran Suku Kamoro
Foto: Pameran Suku Kamoro (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghadiri pembukaan pameran Kamoro Art Exhibition & Sale 2021 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta yang diselenggarakan 27-29 Oktober 2021.

Kehadirannya langsung disambut dengan tarian Mbiikao asal Papua.

Pameran Suku KamoroPameran Suku Kamoro Foto: (Anisa Indraini/detikcom)

Dalam sambutannya, Nadiem mengatakan ukiran dari Papua khususnya suku Kamoro sangat spesial bukan hanya menjadi standar Indonesia, tetapi sudah standar dunia. Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk datang dan membelinya.

"Tolong Bapak/Ibu membeli, kuncinya adalah di situ itu yang paling penting," kata Nadiem di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Dia sendiri mengaku telah banyak mengoleksi ukiran Suku Kamoro di rumahnya. Saking banyaknya, sampai sebagian diberikan kepada keluarganya.

"Saking banyaknya yang saya beli sampai saya bagikan beberapa kepada keluarga saya. Saya beli itu bukan hanya ingin membantu, tapi karena menurut saya Kamoro Art dan segala jenis hasil ukiran dari Papua itu spesial, nggak ada duanya," tuturnya.

Apa saja yang dilakukan dua sosok menteri ini dalam pameran tersebut? Buka halaman selanjutnya.