Sepatu Lokal Binaan Peruri Diekspor Sampai ke Eropa

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 28 Okt 2021 19:20 WIB
Kantor Perum Peruri
Foto: Dok. Perum Peruri
Jakarta -

Perum Peruri memiliki teknologi yang mampu melacak dan menyimpan informasi barang yang dikirim ke luar negeri melalui QR Code dengan nama Peruri Code. Dengan menggunakan Peruri Code, seluruh barang atau produk dapat dimonitor 24 jam secara realtime sehingga dapat diketahui keberadaan posisi produk serta status penjualannya dapat dimonitor.

Peruri sendiri baru saja melepas produk mitra binaan Peruri yang bergerak di bidang produksi sepatu ke Australia, Kanada dan Eropa pada 27 Oktober 2021 lalu. Dalam beberapa hari ke depan, produk mitra binaan Peruri akan dikirimkan ke tiga benua tersebut menggunakan jasa dari VTP Logistic yang pengelolaan warehousing-nya menggunakan smartcity storage. Serta, penjualannya akan dikelola oleh Indonesia In Your Hand (IIYH) yang bekerja sama dengan marketplace di luar negeri.

Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki mengatakan, penggunaan Peruri Code akan memberikan manfaat yang besar bagi pembeli yang berada di luar negeri.

"Penggunaan Peruri Code pada produk yang dikirim melalui Indonesia In Your Hand sangat bermanfaat bagi pembeli di luar negeri, karena semua pihak dapat mengetahui orisinalitas produk Indonesia yang mereka beli. Implementasi Peruri Code pada kemasan barang yang dikirim oleh VTP Logistic juga banyak membantu pihak-pihak terkait terutama dalam hal track and trace. Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk konkret dukungan Peruri dalam memajukan UMKM di Indonesia sehingga bisa naik kelas ke level internasional," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (28/10/2021).

Sementara, Direktur Utama VTP Logistic Adi Nugroho mengatakan, pihaknya akan mendukung UMKM untuk menembus pasar internasional.

"Sinergi BUMN dengan Peruri dan pihak swasta Indonesia In Your Hand sangat diperlukan oleh VTP Logistic karena kami mendukung UMKM untuk dapat go internasional sehingga produk UMKM binaan Peruri dapat diterima oleh pasar di Australia, Eropa dan Kanada," terangnya.

Amiranto Adi Wibowo, CEO & Founder Indonesia In Your Hand menjelaskan, pihaknya menjamin keaslian produk yang dijual. Maka itu, ia mewajibkan penggunaan Peruri Code bagi pelaku usaha yang akan mengirimkan produknya lewat smartcity storage dan IIHY.

"Penggunaan Peruri Code kami wajibkan bagi industri dan UMKM yang hendak mengirimkan produknya melalui smartcity storage dan Indonesia In Your Hand, karena kami harus menjamin keaslian produk Indonesia agar tidak terjadi komplain dan juga menaikkan nilai jual di marketplace yang berada di negara terkait," katanya.

Ke depan, Peruri, VTP Logistic dan Indonesia In Your Hand merencanakan penggunaan e-meterai dan digital signature Peruri (Peruri Sign) sebagai bagian dari digitalisasi UMKM yang ditetapkan oleh pemerintah, dengan bekerja sama dengan pemerintah negara luar terkait agar semua data dapat terintegrasi.



Simak Video "Penampakan Uang Rp 8,95 M yang Diamankan Terkait Korupsi di PT PDS"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)