Disneyland Tutup Sementara Imbas Kasus Baru COVID-19

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 01 Nov 2021 14:55 WIB
The iconic cartoon character Minnie Mouse waves to visitors at the Hong Kong Disneyland on Thursday, June 18, 2020. Hong Kong Disneyland on Thursday opened its doors to visitors for the first time in nearly five months, at a reduced capacity and with social distancing measures in place. The theme park closed temporarily at the end of January due to the coronavirus outbreak, and is the second Disney-themed park to re-open worldwide, after Shanghai Disneyland. (AP Photo/Kin Cheung)
Foto: AP/Kin Cheung
Jakarta -

Shanghai Disney Resort melakukan penutupan tempat wisata hingga 2 November 2021. Akses masuk pengunjung pada Minggu (31/10) malam kemarin pun ditunda. Para pengunjung pun diwajibkan untuk tes COVID-19 saat beberapa jam sebelum malam Halloween dan beberapa wahana hiburan tidak beroperasi.

"Kami tutup sementara pintu masuk Disneyland dan Disneytown. Semua wahana hiburan di dalamnya juga tidak beroperasi. Hiburan di luar ruangan akan berlanjut sesuai jadwal," kata perusahaan itu dalam pernyataan Weibo dikutip dari CNBC, Senin (1/11/2021).

Penutupan sementara tempat wisata populer itu disinyalir karena adanya kasus COVID-19 baru beberapa minggu terakhir. Sebagian besar di Mongolia Dalam atau wilayah lain di utara.

Kota Hangzhou melaporkan satu kasus baru, di mana seorang pelancong sebelumnya telah melewati Shanghai. Namun belum dapat dipastikan, apakah kasus tersebut berkaitan dengan Disneyland atau tidak.

Di sisi lain, Shanghai Disney Resort mewajibkan pengunjung melakukan tes asam nukleat untuk virus corona saat keluar area hiburan dan tes ulang setelah 24 jam. Pihaknya menambahkan bahwa Shanghai Disneyland dan Disneytown akan ditutup pada Senin dan Selasa atau 1-2 November 2021.

Pemerintah Kota Shanghai menyebut, pengunjung yang berkunjung ke Disney pada Sabtu (30/10) lalu akan dites COVID-19. Berdasarkan data yang terkumpul pada Senin pukul 8 pagi waktu setempat tercatat ada sebanyak 33.863 orang dinyatakan negatif tanpa ada kasus positif baru.

Disney memiliki 43% saham Shanghai Disney Resort. Keputusan penutupan sementara itu dibarengi dengan pengembalian uang atau penukaran tiket bagi pengunjung yang sudah melakukan pemesanan untuk tanggal 1-2 November 2021.

Lihat juga video 'Setahun Ditutup Akibat Pandemi, Disneyland California Akhirnya Buka Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)