Saat Menteri-menteri Jokowi Bertemu Orang-orang Terkaya Sejagat

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 03 Nov 2021 12:39 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Bertemu Jeff Bezos
Foto: Dok. Instagram Sri Mulyani Indrawati
Jakarta -

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim COP26, yang digelar di Glasgow, Skotlandia menjadi kesempatan bagi para pejabat bertemu sejumlah orang berpengaruh di dunia. Orang-orang tersebut tak cuma mereka yang bekerja di dalam pemerintahan, tapi juga para pebisnis super tajir seperti Jeff Bezos hingga Bill Gates.

Para pejabat dari Tanah Air termasuk yang bertemu dengan dua orang yang mondar-mandir menempati posisi orang terkaya di dunia tersebut. Lewat akun Instagramnya, mereka membagikan momen tersebut dan bercerita tentang apa saja yang dibahas.

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membagikan momen saat bertemu dengan bos Amazon, Jeff Bezos. Jeff Bezos merupakan pemilik Amazon, yang telah lama bertengger dalam daftar orang terkaya di dunia.

Dilihat dalam akun Instagram pribadi @smindrawati, pertemuan antara Sri Mulyani dengan Bezos terlihat dilakukan secara empat mata. Pertemuan dilakukan di ruang sekretariat Indonesia pada gelaran COP26.

Dalam keterangan unggahannya, Sri Mulyani mengatakan dia mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Jeff Bezos. Pembahasan yang dilakukan mengenai investasi energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia.

"Mewakili Presiden - menerima @jeffbezos CEO Amazon, membahas mengenai arah Investasi di Indonesia di bidang renewable Energy dan manufaktur solar," tulis Sri Mulyani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Bertemu Jeff BezosMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Bertemu Jeff Bezos Foto: Dok. Instagram Sri Mulyani Indrawati

Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga membagikan cerita saat dirinya bisa menemui orang terkaya dunia, Jeff Bezos.

Pertemuan itu pun membuahkan hasil. Bezos disebut akan melakukan investasi dalam rangka transisi energi di Indonesia. Luhut mengatakan melalui yayasan Bezos Earth Fund, Jeff Bezos akan melakukan investasi dalam rangka program pensiun dini operasi PLTU batu bara di Indonesia.

"Dalam agenda kunjungan yang sama, saya juga bertemu dengan Jeff Bezos dan menyampaikan ucapan terima kasih atas investasinya di Indonesia. Dan juga tak lupa menyambut baik investasi yang lain seperti Earth Fund untuk program Energy Transition Mechanism Indonesia yang akan melaksanakan early retirement PLTU batu bara," papar Luhut.

Kesempatan bertemu dengan Jeff Bezos itu terjadi saat Luhut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di sela KTT COP26 Glasgow.