ADVERTISEMENT

3 Cara Mudah Ukur Loyalitas Karyawan ke Perusahaan

Angga Laraspati - detikFinance
Selasa, 09 Nov 2021 14:39 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Hubungan karyawan dan perusahaan sudah selayaknya hubungan antara anak dengan orang tua. Tak ayal, ada beberapa problematika atau masalah kecil hingga besar yang terjadi di antara keduanya.

Dalam menjalin hubungan tersebut, tentunya ada timbal balik yang diberikan kedua belah pihak. Perusahaan punya kebijakan untuk melindungi hak-hak karyawannya, sebaliknya karyawan juga harus berbakti dan loyal terhadap perusahaannya.

Sebuah jurnal penelitian yang dibuat oleh Tanusree Dutta dari Indian Institute of Management menjelaskan loyalitas karyawan adalah sebuah atribut yang signifikan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam organisasi.

Penelitian itu pun menunjukkan mempertahankan dan memelihara karyawan yang setia memiliki banyak manfaat bagi perusahaan hingga mampu melindungi perusahaan dari beberapa kelemahan.

Lalu bagaimana sebuah perusahaan mengukur loyalitas karyawan? Berikut ini adalah caranya dikutip dari beberapa sumber.

Temukan Net Promoter Score (NPS)

Skor ini dibuat untuk mengukur kesediaan karyawan yang bekerja di perusahaan untuk merekomendasikan perusahaan. Hitunglah dari skala 1 hingga 10, dan temukanlah seberapa ingin karyawan untuk merekomendasikan perusahaan kepada teman atau koleganya dalam skala tersebut.

Karyawan yang menjawab dengan 9-10 dari sepuluh dianggap promotor bersih. Siapa pun di bawah nomor ini dianggap sebagai promotor pasif (7-8) atau pencela (0-6).

Adapun seorang promotor yaitu karyawan yang ingin merekomendasikan perusahaan, pasif yaitu karyawan yang puas tetapi tidak terlalu antusias, atau malah pencela yang tidak bahagia dan hanya menghambat pertumbuhan perusahaan.

Penghargaan dan Survei

Biasanya ada beberapa lembaga survei yang mencoba melihat kondisi perusahaan mulai dari lingkungan kerja hingga loyalitas karyawan. Hal ini bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menemukan tingkat loyalitas karyawannya.

Biasanya, sebuah lembaga survei akan memberikan penghargaan bagi perusahaan yang menemukan punya karyawan yang loyal atau bagaimana perusahaan membahagiakan karyawannya.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT