ADVERTISEMENT

Garuda Pangkas 68 Pesawat hingga Tahun Depan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 09 Nov 2021 16:05 WIB
PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) datangkan pesawat Boeing 777-300ER untuk melayani penerbangan haji mulai Agustus 2015. Hari ini maskapai pelat merah itu menerima B777-300ER ketujuhnya di Hanggar 2 Garuda Maintenance Facilities (GMF), kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Rachman Haryanto/detikcom.
Garuda Pangkas 68 Pesawat hingga Tahun Depan
Jakarta -

Sejumlah langkah dilakukan untuk memperbaiki kinerja PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Salah satu cara yang ditempuh ialah memangkas jumlah pesawat yang beroperasi.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, jumlah pesawat di tahun 2019 sebanyak 202 pesawat dan akan dikurangi menjadi 134 pesawat di tahun 2022. Artinya, ada pengurangan sebanyak 68 pesawat.

"Jumlah pesawat juga akan menurun drastis, detilnya ada di bawah itu, dari 202 pesawat itu menurun di 2022 menjadi 134 pesawat karena memang sebagian sudah di-grounded juga oleh lessor," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi VI, Selasa (9/11/2021).

"Jenis pesawat akan dikurangi dari 13 jenis, jadi hanya 7," tambahnya.

Strategi lain yang ditempuh adalah mengoptimalkan rute Garuda. Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan, Garuda akan fokus pada rute domestik dan mengurangi rute internasional secara signifikan.

"Internasional hanya beberapa yang di-serve itu pun sebagian besar karena ada volume kargo yang baik," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan negosiasi ulang kontrak-kontrak pesawat. Serta, meningkatkan kontribusi kargo.

"Harapannya memang tadi kami sampaikan sewa pesawat yang melebihi benchmark internasional kita akan tekan serendah mungkin sehingga menyamai benchmark international," katanya.

(acd/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT