ADVERTISEMENT

Weleh-weleh, Ternyata Ini Alasan Elon Musk Mau Jual Saham Tesla

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 09 Nov 2021 21:15 WIB
Elon Musk
Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI
Jakarta -

Elon Musk mengumumkan di Twitter akan menjual sahamnya di Tesla. Muncul dugaan, alasan Elon Musk jual saham adalah karena dikenakan pajak penghasilan yang tinggi.

Dalam tweet yang diunggah pada Sabtu lalu, Musk membuat polling di Twitter. Apakah followersnya setuju jika dia menjual sahamnya di Tesla sebesar 10%. Polling itupun menghasilkan 58% orang setuju untuk keputusan itu.

Namun, alasan sebenarnya dia mau menjual sahamnya karena memang sahamnya harus dijual atau digunakan. Jika tidak, dia akan menghadapi tagihan pajak raksasa antara hampir US$ 11 miliar hingga US$ 16 miliar dengan harga saham saat ini.

Mengutip dari CNN, Selasa (9/11/2021) Selain itu, peningkatan nilai saham Tesla juga dapat mendorong tagihan pajak penghasilan yang lebih tinggi.

Musk sendiri telah menerima 22,9 juta opsi saham yang dipermasalahkan sebagai bagian dari paket kompensasi 2012-nya. Opsi-opsi itu akan berakhir pada 13 Agustus 2022.

Nah, opsi pajak itu akan masuk dalam penghasilan kena pajak dihitung berdasarkan nilai pasar saham pada tanggal pelaksanaan, dikurangi harga yang dibayarkan untuk melaksanakan opsi. Meskipun Musk sudah mengumumkan dia tidak akan menerima gaji bahkan bonus dari perusahaan. Dia hanya memiliki saham.

Musk juga mungkin menghadapi pajak negara bagian di atas tagihan federal AS. Dia memang memindahkan tempat tinggalnya dari California ke Texas, yang tidak memiliki pajak penghasilan negara bagian. Dibandingkan dengan pajak penghasilan di California sebesar 13,3%. Dia juga telah mengumumkan rencana untuk juga memindahkan kantor pusat Tesla California ke Texas.

Tapi dia bisa terkena setidaknya beberapa pajak penghasilan negara bagian California, mengingat Tesla masih memiliki pabrik dan kantor besar di California dan Musk masih menghabiskan waktu bekerja di sana.



Simak Video "Elon Musk PHK Ratusan Karyawan Autopilot Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT