Wahai Anker, Nanti Beli Tiket KRL Bisa Sekalian Sama Gojek-nya

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 11:29 WIB
Syarat Naik Commuter Line Hari Ini, Cek Aturan Terbarunya
Wahai Anker... Nanti Pesan Gojek Bisa Langsung Beli Tiket KRL
Jakarta -

Ada kabar gembira nih buat anak kereta (anker) yang suka melanjutkan perjalanan pakai Gojek. Nantinya, pengguna bisa pesan layanan GoRide dan GoCar ke dan dari stasiun komuter, sekaligus membeli tiket KRL langsung dari aplikasi Gojek cuma dalam satu kali bundle pembelian lewat fitur GoTransit.

Integrasi ini ditargetkan dapat dinikmati oleh pengguna pada awal tahun 2022. Nantinya pengguna dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay, atau opsi lain seperti LinkAja.

Dengan kolaborasi ini, GoTransit dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien lagi karena memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memilih rute perjalanan paling efisien, memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta jadwal operasional transportasi publik.

Co-Founder dan CEO Gojek mengatakan Kevin Aluwi mengatakan kolaborasi dengan PT KCI ini merupakan langkah awal kami untuk bisa menghubungkan transportasi publik ke dalam ekosistem Gojek.

"Berdasarkan data internal kami, sebagian besar pelanggan memanfaatkan layanan GoRide dan GoCar sebagai sarana penghubung awal dan akhir perjalanan (first-mile-last-mile) untuk menuju dan dari stasiun kereta api komuter di Jabodetabek. Hal ini menunjukkan kehadiran layanan GoRide dan GoCar telah menjadi bagian penting yang melengkapi transportasi publik guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di wilayah urban seperti Jabodetabek," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2021).

Dalam data internal Gojek menyatakan, 1 dari 2 pelanggan Gojek aktif menggunakan layanan Gojek dari atau menuju hub transportasi. Sebelas lokasi stasiun KRL Commuter Line dan Kereta Jarak Jauh juga menjadi titik berangkat dan tujuan yang paling sering dipesan pengguna layanan GoRide di Jabodetabek, bahkan apabila dibandingkan dengan lokasi lain seperti pusat perbelanjaan, restoran, ataupun toko.

Lanjut ke halaman berikutnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan kerja sama dengan Gojek ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat atau pengguna KRL untuk bisa menjangkau stasiun.

"Layanan GoRide dan GoCar menjawab tantangan terkait simpul-simpul transportasi publik yang kadang masih sulit untuk dijangkau masyarakat. Kerja sama strategis ini merupakan upaya bersama untuk memaksimalkan integrasi antarmoda sehingga para pengguna dapat melakukan perjalanan dengan mudah, tuntas dengan minim kendaraan pribadi. Hal ini sejalan dengan fokus kami untuk meningkatkan minat masyarakat urban menggunakan transportasi publik," katanya.

(fdl/fdl)