Wow! Perakit iPhone Beli Pabrik Mobil Listrik Rp 3,2 T

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 11 Nov 2021 08:31 WIB
Pabrik Mesin Diesel Terbesar Dunia Beralih Produksi Motor Listrik
Wow! Perakit Iphone Beli Pabrik Mobil Listrik Rp 3,2 T
Jakarta -

Perusahaan penyedia jasa manufaktur elektronik yang berbasis di Taiwan, Foxconn, telah berencana untuk mengakuisisi pabrik perakitan kendaraan listrik milik Lordstown Motors di Ohio.

Dikabarkan kalau pabrik ini diakuisisi oleh Foxconn seharga US$ 230 juta atau setara dengan Rp 3,26 triliun (kurs Rp 14.200/dolar AS). Hal ini disampaikan langsung oleh perusahaan pada Rabu (10/11) kemarin.

Melansir dari CNBC, Kamis (11/11/2021), selama proses pengakuisisian pabrik perakitan milik Lordstown Motors ini, ke depannya Foxconn akan membayar uang muka sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,42 triliun pada tanggal 18 November mendatang.

Selanjutnya, pembayaran berikutnya masing-masing sebesar US$ 50 juta (Rp 710 miliar) pada bulan Februari dan April, dan pembayaran penutupan akhir sebelum akhir April tahun depan.

Setelah kesepakatan akhirnya ditutup, Foxconn akan mendapatkan 1,7 juta waran untuk membeli lebih banyak saham Lordstown dengan harga $10,50 per saham.

Selain itu Foxconn juga telah setuju untuk mengejar perjanjian kontrak manufaktur untuk merakit produk pertama Lordstown Motors, sebuah truk pikap listrik yang disebut Endurance.

Sebagai informasi, diketahui kalau Lordstown Motors menjalankan kesepakatan ini dengan Foxconn guna mencari dana segar sebagai suntikan modal untuk perusahaan.

Sebelumnya, Foxconn juga telah mengakuisisi saham biasa langsung dari Lordstown Motors senilai US$ 50 juta (atau setara dengan Rp 710 miliar) dengan harga sekitar $ 6,90 per saham setelah menandatangani perjanjian pada bulan September lalu.

Simak juga Video: Diam-diam Mobil Listrik Lexus Laris Manis di Indonesia, Memang Murah?

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)