Hei Newbie! Pintar-Pintarlah Sebelum Pilih Kripto

dtv - detikFinance
Kamis, 11 Nov 2021 16:09 WIB
Jakarta -

Aset kripto atau cryptocurrency kini tengah digandrungi tidak hanya kaum mapan dan para milenial. Buat pemula baiknya mengetahui lebih dalam resiko sebelum terjun.

"Pintar-pintar memilih, koin mana yang sebenarnya cenderung aman, atau koin mana yang lebih mempunyai volatilitas tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi, tapi ingat ada resikonya juga," ujar Trading Influencer, Andy Senjaya dalam program dMentor detikcom, Rabu (11/11/2021).

Andy mengambil satu contoh kasus koin yang belakangan ramai, karena namanya sama dengan serial film Korea. Banyak newbie yang meyakini profit koin di masa depan, tanpa melakukan riset terlebih dahulu.

"Jadi itu satu aset kripto yang awalnya diharapkan bisa menyerupai permainan squid game, jadi orang yang tertarik dengan serial film itu coba invest di situ. Itu kalo enggak salah, aku enggak hitung berapa persennya kira-kira bisa di atas ribuan persen, itu luar biasa banget," ujar Andy.

Andy katakan akibat tinggi permintaan token dengan logo cumi-cumi itu, harga koin melonjak naik hingga ribuan persen. Namun tidak berselang beberapa waktu, harganya koin jatuh.

"Ketika sudah naik tidak bisa dijual karena sudah enggak ada likuiditasnya. Memang sebahaya itu kalau kita lihat secara keseluruhan, cuma balik lagi ke pemilihan koin, jangan jadi benchmark koin squid kemarin untuk melihat kondisi koin lainnya secara keseluruhan, tiba-tiba bitcoin jatuh seperti itu. Menurut saya tidak mungkin, ada likuiditas terjaga di sana dan sudah tersebar, secara pelaku pasar punya bitcoin di berbagai pihak, jadi tidak mungkin itu terjadi," paparnya.

Andy mengatakan seorang trader kripto harus punya rencana profit dan psikologi yang tenang. Selain itu kalian harus punya filter pengamanan agar tidak terjebak koin penipuan.

"Sebenarnya kita yang harus memilih sebenarnya kita harus melakukan semacam filter, jangan koin yang baru launching di market, kemudian tiba tiba harganya secara historis itu juga belum ada. Kayak kemarin itu squid game punya koin, padahal buka official squid game yang punya. Itu belum jelas, pertama belum ada historical price juga, jadi yang kayak gitu jangan di trading aja. Kita cari koin-koin yang udah stabil udah listing lama punya historical chart kemudian punya fungsi yang jelas kita fokus di situ aja apalagi buat newbie, baru mau masuk dunia kripto fokus aja ke 10 koin besar tadi yang sempat kita bahas," pungkasnya.

(ed/fua)