ADVERTISEMENT

Siap-siap! Pelaku Jastip Juga Bisa Kena Bea Masuk Tambahan Rp 63 Ribu

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 13:06 WIB
ilustrasi jasa titip
Foto: iStock / Siap-siap! Pelaku Jastip Juga Bisa Kena Bea Masuk Tambahan Rp 63 Ribu
Jakarta -

Pemerintah mengenakan bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) terhadap impor pakaian dan aksesori terhitung 12 November 2021 hingga tiga tahun ke depan. Aturan ini berlaku buat barang kiriman dan barang yang dibawa langsung dari luar negeri (hand carry).

"Untuk barang kiriman sepanjang bea masuknya dipungut, BMTP-nya juga dipungut. Barang bawaan penumpang dari luar negeri juga sama (dikenakan BMTP)," kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antarlembaga Ditjen Bea Cukai, Syarif Hidayat kepada detikcom, Rabu (17/11/2021).

Meski begitu, barang bawaan penumpang dari luar negeri yang dikenakan bea masuk tambahan hanya yang nilainya mencapai batas minimal. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 203 Tahun 2017, batasan barang bawaan ditetapkan US$ 500 per orang atau setara Rp 7 juta (kurs Rp 14.000).

"Barang bawaan dikenakan bea masuk tambahan jika harganya di atas batas kena bea masuk sesuai aturan yang berlaku," jelasnya.

Selama ini jika beli baju dari luar negeri untuk sendiri atau membuka jasa titip (jastip) dengan bawa barang yang harganya melebihi batasan, maka kelebihannya itu yang dikenakan pajak. Misalnya membawa barang US$ 550, maka US$ 50 yang terkena pajak. Mulai dari bea masuk, PPh, dan PPN.

Nah dengan adanya BMTP ini, ada biaya tambahan lagi yang dikenakan. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 142 Tahun 2021 tentang Pengenaan BMTP Terhadap Impor Produk Pakaian dan Aksesori Pakaian, besaran bea masuk berkisar Rp 19.260 hingga Rp 63 ribu per piece untuk tahun pertama.

Pemerintah menetapkan bea masuk tambahan terhadap 134 pos tarif produk pakaian dan aksesori pakaian. Jenis produk yang dikenakan yakni segmen atasan kasual, atasan formal, bawahan, setelan, ensemble, gaun, outerwear, pakaian dan aksesori pakaian bayi, headwear, dan neckwear.

Pengenaan bea masuk tambahan bagi pakaian dan aksesori berlaku untuk semua negara, kecuali untuk segmen headwear dan neckwear sebanyak delapan pos tarif yang diproduksi dari 122 negara.

Lihat juga Video: Bea-Cukai Yogyakarta Musnahkan 2,9 Juta Batang Rokok Ilegal

[Gambas:Video 20detik]



(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT