Perkuat Ekonomi Digital, Jokowi Minta Pendidikan SDM Ditingkatkan

Yudistira Imandiar - detikFinance
Jumat, 19 Nov 2021 09:53 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Tangkapan layar YouTube Peparnas XVI Papua 2021

Guna mencapai target tersebut, mantan Wali Kota Solo itu meminta pengembangan ekosistem ekonomi digital dipercepat, mulai dari pembangunan infrastruktur digital, pemerintahan digital hingga ekosistem ekonomi digital, termasuk regulasi dan SDM.

"Bagaimana menyiapkan infrastruktur digitalnya? Bagaimana menyiapkan pemerintah juga yang digital? Bagaimana menyiapkan status ekonomi digitalnya? Kemudian roadmap ekonomi digital itu seperti apa hingga muncul sebuah ekosistem besar digital economy," papar Jokowi.

Ia mengungkapkan ada beberapa pekerjaan besar yang perlu dilakukan untuk menopang kebutuhan ekosistem ekonomi digital.

"Memang butuh kerja besar, infrastruktur digital, justru kita butuh fiber optik butuh microwave link, butuh satelit, butuh BTS (base transceiver station). Butuh semuanya! Butuh infrastruktur hilirnya. (Kemudian) Pusat data data center," ulas Jokowi.

Jokowi menekankan semua pekerjaan tersebut harus disiapkan dan diselesaikan dalam waktu cepat. Menurutnya, tenggat waktu yang dimiliki pemerintah untuk membangun ekosistem digital hanya 2 tahun.

"Kita hanya punya waktu dua tahun untuk menyiapkan ini. Regulasi terlambat terus, fintechnya sudah lari regulasinya belum ada. Kerja, kerja dengan kecepatan yang kita perlukan. Ini juga harus disiapkan dan saya berikan target 2 tahun. Kalau lepas 2 tahun sudah kita akan kalah dari negara lainnya," urai Jokowi.

Halaman Selanjutnya: Digital Leadership Academy (DLA)