Menkop Dorong Lombok Timur Tingkatkan PAD Lewat Budi Daya Lobster

Erika Dyah - detikFinance
Minggu, 21 Nov 2021 10:24 WIB
Kemenkop UKM
Foto: Kemenkop UKM

Sementara itu, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi mengatakan saat ini daerahnya telah fokus untuk melakukan revitalisasi kawasan dan pengembangan budi daya lobster.

Sukiman menjelaskan, APBD Perubahan 2021 pemerintah daerah Lombok Timur telah menyiapkan dana sekitar Rp3 miliar untuk perubahan dan renovasi Teluk Ekas, Lombok Timur, NTB kemudian dilanjutkan pada RAPBD tahun 2022 sekitar Rp 8 miliar. Upaya ini juga didukung dengan pembelian lahan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sekitar 3 hektare sebagai aset pemerintah pusat di Pemda Lombok Timur.

"Teluk Ekas ini merupakan penghasil lobster terbaik di Indonesia karena itulah KKP akan memberikan pinjaman dari luar negeri untuk penataan Teluk Ekas sekitar Rp750 miliar. Alhamdulillah semoga menjadi berkah," terang Sukiman.

Lebih lanjut, Sukiman menerangkan Desa Ekas di teluk ini merupakan salah satu dari 254 desa di Kabupaten Lombok Timur dari 21 kecamatan dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa. Diketahui, dari 541 koperasi yang berkembang di wilayah tersebut, hanya 292 koperasi yang aktif saat ini.

"Entah apa problematika mungkin sudah mati suri atau memang dari pusat data online tidak bisa dihapus atau bagaimana. Tapi faktanya yang aktif 292 koperasi," katanya.

Ia menilai, Kabupaten Lombok Timur memiliki prospek pendapatan yang sangat bagus. Mulai dari Gunung Rinjani sebagai jalur pendakian serta pantai yang tidak jauh yakni Pantai Pink, Pantai Kura-Kura, Pantai Surga, dan lainnya.



Simak Video "37.846 Benur Sitaan Polda Jatim Dilepas di Perairan Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)