RI Gelar 2 Agenda G20 Mulai Desember, Jokowi Wanti-wanti Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 22 Nov 2021 18:45 WIB
Presiden Jokowi dalam ratas 22 November 2021.
Foto: Presiden Jokowi dalam ratas 22 November 2021. (screecshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Dua gelaran pertemuan internasional dalam rangka KTT G20 bakal dimulai bulan Desember mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti agar penerapan protokol kesehatan diperkuat.

Dengan adanya dua acara tingkat internasional ini Jokowi menilai pengendalian pandemi di Indonesia akan diuji kualitasnya. Menurutnya, mata dunia akan tertuju kepada Indonesia.

"Dunia akan melihat kita, maka kemampuan kita kendalikan pandemi ini betul-betul diuji dan utamanya dalam jalankan protokol kesehatan," ungkap Jokowi dalam kata pembukaannya saat ratas evaluasi PPKM, Senin (22/11/2021).

Adapun dua pertemuan yang akan dilakukan adalah kegiatan kick off Sherpa Meeting di Jakarta dan kick off untuk G20 Finance Track di Bali. Kedua pertemuan internasional ini bakal dilakukan pada awal Desember. Kira-kira akan ada 150 pertemuan internasional yang bakal dilakukan di Indonesia dalam rangka Presidensi G20 2022.

Jokowi meminta agar Satgas Penanganan COVID-19 bisa melakukan pengawal dengan ketat dari dua pertemuan internasional ini.

"Saya minta secara detail didampingi oleh satgas kedatangan delegasi di bandara, di hotel, dan di lingkungan hotel atau resor sampai ke venue-venue," ungkap Jokowi.

Adapun acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi negara G20 rencananya bakal dilakukan di Bali pada 30-31 Oktober 2022 mendatang.

(hal/eds)