Boy Thohir hingga Nicke Widyawati Masuk Daftar 20 Pengusaha Terbaik 2021

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 23 Nov 2021 08:00 WIB
Boy Thohir
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Majalah Fortune Indonesia merilis sejumlah nama dalam daftar pengusaha paling sukses di 2021. Nama mulai dari Presiden Direktur PT Adaro Garibaldi Thohir hingga Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati muncul.

Nama-nama ini masuk ke dalam daftar 20 Fortune Indonesia Businessperson of The Year 2021.

Secara terperinci, komposisi penilaian berdasarkan pada kinerja perusahaan selama tahun pertama pandemi Covid-19 sebesar 25 persen, sedangkan 50 persen mengacu pada performa bisnis pada semester pertama tahun ini.

Fortune Indonesia melihat pertumbuhan pendapatan, laba bersih, return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan lainnya. Sementara itu, penilaian lainnya ditentukan dari faktor kepemimpinan, Good Corporate Governance (GCG), aksi korporasi, hingga terobosan yang dilakukan.

"Garibaldi Thohir membangun Adaro Energy hingga menjadi salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia, bahkan dunia," tulis Majalah Fortune, Selasa (23/11/2021).

Pengusaha nasional yang juga masuk ke dalam jajaran 20 besar itu adalah Franky Oesman Widjaja, Chairman sekaligus CEO Golden Agri Resources Ltd., induk usaha PT Sinar Mas Agri Resources & Technology Tbk, juga Anthony Salim, CEO Salim Group. Ada juga CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaaatmadja..

Boy Thohir memulai bisnis batu bara sejak 1992. Kini, tak hanya aktif di Adaro, Boy menjabat sebagai Komisaris Gojek. Bisnis yang dijalani Boy mencakup otomotif, finansial, hingga pelabuhan.

Dalam sebuah wawancara Boy mengatakan optimistis terhadap perkembangan Indonesia. Sebab itu, dia mengaku seluruh bisnis miliknya berada di Indonesia.

"Negara ini sangat luar biasa dengan jumlah penduduknya, geografis, keragaman, market yang segmennya bermacam-macam," katanya.

Sementara itu, Bos Tokopedia William Tanuwijaya menjelaskan kini usahanya semakin berkembang terutama dengan meleburnya Tokopedia bersama Gojek sejak Mei lalu dengan membentuk entitas baru bernama GoTo. Ia menyebutkan bersama Gojek, GoTo otomatis menjadi perusahaan teknologi terbesar di Indonesia.

"If you want to go fast, you go alone. If you want to go far, you go together," kata William dikutip dari keterangan tertulis, Senin (22/11/2021).



Simak Video "Banyak Orang Tajir Jual Rumah di Pondok Indah-Menteng"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)