Sering Bagi Tips Hemat, Eh Miliarder Ini Makan Rp 14 Juta per Hari

Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 23 Nov 2021 13:10 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Seorang pembawa acara TV Amerika "Shark Tank" Kevin O'Leary kerap kali memberikan saran atau tips berhemat, menabung dan investasi yang cerdas. Namun dia mengakui bahwa dirinya bisa saja memberikan contoh buruk terkait pengeluarannya atas makanan.

"Saya di jalan sepanjang minggu, lima hari seminggu. Saya menghabiskan sekitar US$ 1.000 (sekitar Rp 14,2 juta) per hari untuk makanan, atau $5.000 (sekitar Rp 71 juta) dalam seminggu," kata O'Leary kepada CNBC Make It.

Melansir dari CNBC, Selasa (23/11/2021), meskipun dia menyadari bahwa kebiasaan belanja makanannya mungkin terdengar gila bagi kebanyakan orang, baginya hal ini adalah bisnis.

Menurut O'Leary, makan siang bisnis, makan malam, dan bahkan pertemuan sarapan adalah hal biasa untuk mewujudkan kesepakatan.

"Misalnya, sarapan hari ini menghabiskan biaya sekitar $200 (sekitar Rp 2,8 juta), itu adalah pertemuan yang sangat penting dengan seseorang yang harus saya ajak berbisnis," ujar O'Leary.

Untuk setiap pertemuan bisnis, O'Leary bersikeras untuk membayar total biaya makan mereka tersebut. Namun di sisi lain, O'Leary tidak menganjurkan kepada banyak orang untuk banyak mentraktir makanan mahal, ia justru malah berpikir sebaliknya.

"Saya tidak ingin berutang apa pun kepada siapa pun, jadi saya senang menerimanya. Saya melakukannya sepanjang waktu," katanya

Namun di sisi lain, O'Leary tidak menganjurkan agar semua orang berbelanja secara royal pada makanan mahal; dia justru berpikir sebaliknya.

"Jika Anda baru memulai karir, lihat gaji Anda dan jangan menghabiskan lebih dari 20% dari gaji setelah pajak Anda untuk makan di luar," katanya.



Simak Video "Tips Mengurangi Belanja Impulsif Saat Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)