Cuan, cuan, cuan... Ini 15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Auto Cuan

Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 23 Nov 2021 14:58 WIB
Bisnis makanan rumahan
Foto: Getty Images/PeopleImages

5. Jasa Membuat Situs
Bisnis online terpercaya lainnya bisa dilakukan tanpa modal dengan mengandalkan jasa yang kamu tawarkan, lho! Yaitu jasa membuat website atau situs. Kebiasaan orang-orang zaman sekarang yang mengandalkan Internet buat dapatkan informasi jadi pendorong individu atau perusahaan buat punya website sendiri.

Nggak sedikit di antara mereka yang bingung atau pengin praktisnya aja buat memiliki website. Makanya mereka butuh yang namanya jasa pembuat website. Kalau kamu emang kebetulan punya skill buat website, nggak ada salahnya nih menjadikan ini sebagai ide bisnis online tanpa modal.

Sebagai gambaran, bikin website secara keseluruhan dihargai mulai Rp 500 ribu hingga lebih Rp 10 juta, tergantung fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur-fiturnya mulai dari desain, jumlah halaman, statistik website, dan lain-lainnya.

6. Konsultan
Kamu memiliki suatu keahlian yang layak untuk dibagikan ke orang-orang banyak? Buka jasa konsultan online saja. Misalnya kamu seorang arsitek, kamu bisa membuka jasa konsultasi terkait desain eksterior sebuah hunian.

Contoh lainnya, misalnya kamu pakar SEO, kamu bisa membagikan ilmu yang kamu miliki ke perusahaan-perusahaan yang baru merintis dan ingin meningkatkan brand mereka di dunia maya. Modal untuk membuka bisnis konsultan ini nggak mahal kok, cuma butuh laptop dan jaringan internet saja. Terus bagaimana cara promosinya?

Promosikan keahlian kamu itu di media sosial, dan jangan lupa cantumkan portofolio klien-klien yang sukses kamu berikan arahan. Untuk dunia profesional ini, kamu bisa mencantumkan daftar kesuksesanmu itu di LinkedIn.

7. Desain Grafis
Jika kamu memiliki keahlian menggambar yang oke, kenapa tidak buka jasa desain grafis? Apalagi kalau itu hobi kamu. Menjalankan bisnis yang merupakan hobi, bakal terasa ringan dijalani.

Banyak hal yang bisa kamu kerjakan bila menjadi desain grafis, mulai dari mendesain website, mendesain undangan, logo perusahaan, brand, brosur, dan lain-lain. Bayarannya tergantung dari tingkat kesulitan desain tersebut. Tapi yang jelas bayaran untuk sebuah kreativitas itu besar lho, bisa jutaan sampai puluhan juta!

Lanjutkan -->



Simak Video "Laris Manis Bisnis Hampers Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]