ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Dibeli Murah, Lukisan Tua Ini Ternyata Harganya Nyaris Rp 1 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 27 Nov 2021 12:15 WIB
Ilustrasi lukisan aliran impresionisme Pierre-Auguste Renoir
Ilustrasi/Foto: Dok. BBC
Jakarta -

Sebuah lukisan antik dibeli oleh seorang pria dengan harga ratusan ribu. Namun ternyata lukisan tersebut harganya mencapai ratusan miliar rupiah.

Dikutip dari The Art Newspaper, disebutkan pria tersebut membeli di acara diskon besar-besaran di Concord, Massachusetts- Amerika Serikat (AS).

Tak disangka lukisan ini adalah karya pelukis Albrecht Dürer yang bernama The Virgin and Child with a Flower on a Grassy Bank. Ternyata lukisan ini dibuat pada 1503.

Sebelumnya lukisan ini adalah koleksi arsitek Jean Paul Carlhian. Setelah Carlhian dan istrinya meninggal, keluarga mereka menjual barang yang ada di rumah tersebut.

Anak-anak Carlhian tak percaya jika itu adalah lukisan asli. Karena itu mereka menjual dengan harga yang murah.

Belakangan, nilai asli dari lukisan itu baru diketahui setelah seorang kolektor seni bernama Clifford Schorer menemukan lukisan tersebut.

"Itu adalah momen yang luar biasa ketika saya melihat Dürer," kata Schorer kepada The Art Newspaper.

Setelahnya keaslian dari lukisan itu dicek oleh Christof Metzger, kepala kurator di Museum Albertina, Wina, Austria, bersama dengan mantan kurator British Museum, Giulia Bartrum. Keduanya merupakan kurator terkemuka yang khusus mengamati karya Albrecht Dürer.

Usai dicek keasliannya, Schorer memperkirakan nilai sebenarnya dari lukisan tersebut sekitar US$ 50 juta atau setara Rp 711 miliar. Sedikit lagi hampir mencapai Rp 1 triliun.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT