Siap-siap Penerbangan Reguler, Kapan Pelita Air Mulai Buka Rute?

ADVERTISEMENT

Siap-siap Penerbangan Reguler, Kapan Pelita Air Mulai Buka Rute?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 28 Nov 2021 18:46 WIB
Lelang pesawat DJKN
Foto: dok. Pelita Air Service
Jakarta -

Pelita Air Service (PAS) sedang siap-siap untuk melebarkan sayap menjadi maskapai penerbangan berjadwal dari sebelumnya hanya membuka layanan charter. Pengurusan izin di Kementerian Perhubungan sedang dilakukan saat ini oleh maskapai yang digadang-gadang bakal gantikan Garuda Indonesia.

Lalu kapan targetnya Pelita Air akan mulai mengudara secara reguler?

Menurut Komisaris Utama Pelita Air Michael Umbas sejauh ini persiapan dan pengurusan izin terbang berjadwal sedang dilakukan. Namun, Michael enggan menjelaskan kapan pastinya Pelita Air akan terbang reguler. Menurutnya target operasional terbang berjadwal belum bisa disampaikan saat ini.

"Untuk target kapan belum bisa disampaikan, nanti pasti kami akan launching dan umumkan resmi ke publik," kata Michael kala dihubungi detikcom, Minggu (28/11/2021).

Di sisi lain, Pelita Air sendiri sudah mempersiapkan sumber daya manusianya untuk melakukan penerbangan berjadwal. Pelita Air saat ini sedang membuka lowongan kerja untuk tiga posisi sekaligus.

Mereka sedang mencari kapten pilot (captain), kopilot (first officer), dan pramugari atau pramugara (flight attendant). Dalam website resminya 3 posisi itu akan diisi untuk operasional jenis pesawat Airbus A320.

Pesawat tersebut dikenal sebagai salah satu pesawat yang digunakan untuk kebutuhan angkutan penumpang. Beberapa maskapai lokal sudah lebih dulu menggunakannya, dari penelusuran detikcom sudah ada Citilink hingga Batik Air yang punya armada Airbus A320.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT